Nurbaiti

Minggu, 15 Mei 2016

62 fakta menarik tentang korea utara sebagai negara paling terisolasi

61 FAKTA TENTANG KOREA UTARA

korut-semestafakta
1. Korea Utara sedikit lebih kecil dari Mississipi. Korea Utara hampir 55% merupakan semenanjung Korea, meliputi 46.540 mil persegi (120.538 km) dari 85.052 mil persegi luas semenanjung (220.283 km2).
2. Didirikan pada tahun 1948, nama resmi Korea Utara adalah Republik Rakyat Korea Demokratis (Democratic People’s Republic of Korea/DPRK). Nama lokal Korea Utara adalah Choson-minjujuui-inmin-koughwaguk atu Choson (Negeri Pagi yang Tenang).
3. Ketika Jepang meyerah kepada pasukan Sekutu pada 15 Agustus 1945, presiden Amerika, Truman dan pemimpin Soviet, Stalin sepakat bahwa Amerika untuk sementara akan bertindak sebagai pengawas separoh bagian selatan Korea dan Uni Soviet akan bertindak sebagai pengawas separoh bagian utara Korea. Langkah sementara ini menjadi ketetapan pada tahun 1948 ketika Korea Utara mendeklarasikan diri sebagai negara merdeka yang berdaulat yang berdasarkan sistem Komunisme.
4. Korea Utara mengalami penggundulan hutan yang cepat, sehingga artileri jarak jauhnya menjadi kelihatan yang sebelumnya tertutup oleh pepohonan. Penggundulan hutan adalah salah satu krisis ekonomi utama yang dihadapi Kore Utara.
5. Meski wilayahnya lebih kecil, Korea Selatan mempunyai jumlah penduduk lebih banyak daripada Korea Utara.
6. Presiden dan pendiri DPRK, Kim Il-sung (1912-1994) mempunyai anak Kim Song-ju, tetapi pada tahun 1935 menggunakan nama Kim Kim Il-sung, yang artinya “menjadi matahari”. Dia dianggap sebagai Presbiterian dan kakeknya adalah seorang pendeta Protestan.
korut2-semestafakta
7. Istilah Korea, yang diyakini banyak orang diperkenalkan Marco Polo di Eropa, bermakna “negeri gunung tinggi dan cahaya yang berkilauan”
8. Di Korea tidak ada perayaan Natal. Sebagai gantinya dia memperingati kelahiran ibu presiden Kim Jong-il pada tanggal 24 Desember. Korea Utara juga tidak merayakan Hari Valentine, sebagai gantinya dia merayakan “Hari Ulang Tahun Umum” pada 16 Februari. Hadiah Valentine yang paling populer diantara pasangan adalah kotak “lencana Partai Pekerja”.
9. Meski penduduk Korea Utara dan Selatan itu satu bahasa, satu sejarah, dan satu dasar budaya yang sudah ada sejak 5000 tahun, tetapi keduanya tetap berspisah sejak 1948.
10. Jepang dan Rusia adalah yang pertama menyarankan pemisahan Korea pada tahun 1896 sebagai cara untuk mengurangi ketegangan antara dua negara tersebut. Namun, Jepang memperoleh kontrol seluruh negara tersebut pada tahun 1904.
11. Titik tertinggi Korea Utara (pada kenyataannya di seluruh Kore) adalah Gunung Paektu (“Gunung Salju Abadi) yang tingginya 9003 kaki (2744 m). gunung tersebut dikeramatkan oleh seluruh rakyat Korea dan menurut legenda merupakan tempat lahirnya peradaban Korea.
korut3-semestafakta
12. Pemerintah Korea Utara secara ketat mengontrol seluruh tingkat pendidikan. Tingkat kemampuan membaca anak berusia 15 tahun ke atas di Korea Utara adalah 99%.
13. Korea Utara mempunyai “Departemen Propaganda dan Agitasi” yang mengontrol seluruh komunikasi. Pemerintah melarang dan menekan seluruh penyiaran asing, dan seluruh stasiun radio dan televisi disiarkan oleh pemerintah.
14. Korea Utara memperkerjakan tenaga kerja wanita sebanyak 49%. Tenaga kerja wanita memperoleh upah lima bulan cuti bersalin, dan jika memiliki tiga anak atau lebih, dia memperoleh upah delapan jam untuk enam jam kerja per hari. Pada tahun 1990-an banyak wanita Korea memegang posisi di pemerintahan dibandingkan wanita Amerika.
15. Korea Utara secara resmi menyembah Kim Jong-il, pemimpin de facto Korea Utara (pemimpin resminya adalah masih ayahnya, Kim Il-sung yang meninggal pada tahun 1994). Menurut cerita penduduk Korea Utara, bahwa Kim Il-sung  lahir di Gunung Paektu, seperti dewa mistis. Namun laporan Rusia memperlihatkan bahwa Kim Il-sung sebenarnya lahir di Siberia.
korut4-semestafakta
16. Tinggi Kim Jong-il hanya 52 inci. Dia memakai bantalan empat inci di bawah sepatunya untuk mengimbangi tubuhnya yang pendek.
17, Kim Jong-il mempunyai koleksi lebih dari 20.000 film, termasuk mengkoleksi seluruh film James Bond.
18. Kim Il-sung (1912-1994) mendirikan idenya sendiri tentang Komunisme yang dinamakan juche sasang (ideologi percaya diri) yang mengkombinasikan antara teori Marx dengan Lenin untuk kepentingan politik Korea Utara. Meskipun juche pada awalnya merupakan ideologi politik, tetapi sekarang terdaftar sebagai agama terbesar kesepuluh di dunia.
19. Usia rata-rata orang Korea Utara adalah 61 tahun untuk laki-laki dan 66 tahun untuk perempuan.
20. Pada bulan Juli 2010 penduduk Korea Utara adalah 22.757.275 menjadikan Korea Utara sebagai negara berpenduduk terbanyak ke-5 di dunia. Amerika adalah negara berpenduduk terbanyak ke-3 di dunia dengan 310.232.863. china adalah negara berpenduduk terbanyak di dunia dengan jumlah penduduk lebih dari 1 milliar.
21. Bendera Korea Utara digunakan pada tahun 1948 dan bergambar bintang merah di dalam pita merah besar dan dua pita putih dan biru yang lebih tipis di atas dan di bawah bendera. Bintang merah melambangkan sosialisme, pita merah menyimbulkan revolusi, dan pita putih yang kecil menyimbulkan kesucian, kekuatan, dan gengsi. Pita biru melambangkan kedaulatan, kedamaian, dan persahabatan.
22. Korea Utara mempunyai tiang bendera terbesar di dunia dengan tinggi 525 inc. Bendera tersebut berbobot sekitar 600 pound.
23. Korea Utara mempunyai tiga host internet. Amerika memiliki host internet terbesar dunia dengan jumlah 439 juta.
24. Sudah bertahun-tahun Korea Utara telah terlibat dengan pengiriman besar heorin dan methamphetamin. Pada bulan April 2003 kapal dagang Pong Su berusaha mengirimkan 150 kg heroin ke Australia.
25. Hanya ada satu partai politik di Korea Utara. Partai Buruh Korea (Korean Workers Party/KWP). Anggota partai tersebut harus memakai lencana “Pemimpin Besar” (Kim Il-sung) pada setiap kesempatan.
26. Korea Utara mempunyai kekuatan militer terbesar ke-4 dunia, dengan personel berjumlah 10 juta. Dengan satu dalam setiap 25 penduduk didaftarkan sebagai tentara, Korea Utara mempunyai prosentase personel militer per kapita tertinggi di dunia. Pada tahun 2001, Korea Utara menghabiskan lebih dari $5 milliar untuk militer, lebih dari 30% dari GDP negaranya. Amerika menghabiskan sekitar 3,7%.
korut5-semestafakta
27. Korea Utara diyakini mempunyai cukup plutonium untuk membangun senjata nuklir dan menjadikannya sebagai negara nuklir. Nukilir Korea Utara dapat memicu perlombaan senjata di Asia Timur.
28. Menurut intelijen Amerika, Korea Utara dapat menembakkan rudal yang dapat menjangkau Alaska, Hawai, dan pantai Barat Amerika. Korea Utara mempunyai sekitar 5000 pound senjata biologi dan kimia.
korut6-semestafakta
29. Berbeda dengan Korea Selatan yang GDP perkapitanya $18.000, GDP Korea Utara hanya $1000.
30. Kim Il-sung mempunyai daging tumbuh kalsium besar di lehernya yang tidak dapat dibedah yang masih dapat terlihat di tubuhnya yang dibalsem, yang dipamerkan di Istana Peringatan Kumsusan (Kumsusan Memorial Palace). Karena penampilannya yang tidak enak dipandang, dia selalu difoto dari sebelah kiri.
31. Setelah banjir pada tahun 1995, Korea Utara menderita kelaparan, yang menurut laporan Amerika, sekitar 275.000 orang meninggal dunia. Lebih dari 13 juta orang, termasuk 60% anak-anak Kore Utara masih menderita kekurangan gizi.
32. Wajib militer diwajibkan di Korea Utara dan ditempuh selama 5 tahun menjadi tentara atau angkatan laut atau 3 sampai 4 tahun di angkatan udara.
33. Berbeda dengan di Amerika, di mana penduduknya duduk di jungkat-jungkit, Korea Utara dan Korea Selatan berdiri ketika sedang bermain game.
34. Lapangan Kim Il-sung di ibukota Pyongyang itu lebih besar daripada Lapangan Merah Moscow.
35. Zona demiliterisasi di Korea Utara adalah garis batas yang paling ketat penjagaannya di dunia.
36. Tinggi menara Juche Idea adalah 558 m dan dibangun untuk memperingati ulang tahun ke-17 KimIl-sung. Menara tersebut ditutup dengan 25.550 keping batu, yang merupakan jumlah hari dari kehidupan Kim Il-sung.
korut7-semestafakta
37. 60% sampai 70% para penyeberang Korea Utara ke China adalah wanita, dan 70% sampai 80% mereka menjadi korban kejahatan perdagangan manusia. Jika pemerintah China menangkap mereka, mereka akan dikirim kembali ke Korea Utara dan akan dihukum. Semua bayi yang berayah China akan dibunuh dan kalau masih dalam kandungan maka akan dipaksa untuk digugurkan.
38. Korea Utara adalah sumber utama perdagangan manusia di China. Harga untuk wanita Korea Utara di China dari beberapa ratus dollar sampai $2000. Mereka sering dijual kepada petani atau kepada orang tua atau orang cacat.
39. Manjoko (“team kepuasan”) terdiri dari para gadis muda yang mendapatkan pelatihan praktik seks untuk memuaskan kalangan pejabat tinggi Korea Utara.
40. Pengantin baru di Korea Utara akan berjanji patuh kepada Kim Il-sung dan Kim Jong-il. Mereka akan menaruh hadiah di kaki patung Kim Il-sung.
41. Berbeda dengan teori masyarakat sosialis yang egaliter, Korea Utara membagi penduduknya menjadi tiga kelas sosial: kelas Loyal (orang teratas di KWP, yaitu keluarga dari pahlawan perang), kelompok biasa, dan kelas tidak loyal (yaitu yang memihak Jepang sebelum Perang Dunia II atau anggota keluarganya melarikan diri dari Korea Utara). Orang yang dalam kelompok tidak loyal dipaksa bekerja di pertambangan atau pertanian.
42. Yang berkuasa di Korea Utara adalah pemerintah dan militer.
43. Mata uang Korea Utara adalah Won, dari yuan China dan yen Jepang. Dalam usaha mengontrol pasar swasta pada tahun 2009, Korea Utara menilai ulang won dengan mengganti uang kertas 1000 won menjadi uang kertas 10 won dan membatasi ketat jumlah mata uang lama yang akan digunakan. Gerakan ini efektif merusak banyak rekening tabungan orang.
44. Pemimpin Korea Utara mempunyai bunga spesial yang dipelihara untuk kehormatannya. Kim Il-sung mempunyai anggrek, kimilsungia, yang dikembangkan untuk dia oleh ahli tanaman dari Indonesia pada tahun 1965. Pada tahun 1988 ahli tanaman dari Jepang menghadiahi bunga begonia yang dinamakan kimjonilia untuk Kim Jong-il.
korut8-semestafakta
45. Korea Utara menghitung perjalanan tahun dengan kalender juche. Dalam kalender ini, tahun 1 adalah 1912, tahun kelahiran Kim Il-sung. Tahun 2010 dalam kalender juche adalah tahun 99 dan akan ditulis menjadi Juche 99 (2010) atau Juche 99, 2010.
46. Satu-satunya cara bagi warga untuk meninggalkan Korea Utara adalah dengan melarikan diri ke utara melewati batas China atau Rusia, melewati garis batas demiliterisasi yang dipasang ranjau, atau dengan naik boat ke Jepang. Pada tahun 2006, sekitar 40.000 – 50.000 warga Korea utara diyakini hilang di China. Jika mereka ketemu, pemerintah China akan memulangkan mereka ke Korea Utara.
47. Pemerintah Korea utara membanyar untuk semua perawatan kesehatan, meski sekarang sedang menderita beberapa kekurangan peralatan medis. Di beberapa rumah sakit, peralatan bedah tidak digunakan karena para dokter dan perawat tidak tahu bagaimana cara menggunakannya.
48. Pelat cetak Jikji adalah bukti tertua dari cetakan metal yang dapat digerakkan di dunia. Pelat   tersebut digunakan untuk mencetak buku di Cheongju, Korea, pada tahun 1377, mendahului 78 tahun buku Gutenberg.
korut9-semestafakta
49. Sejak tahun 1972, atlet omlimpiade Korea Utara meraih sembilan emas, 12 perak, dan 17 medali perunggu. Mereka juara dalam tinju, angkat besi, judo, dan gulat. Salah satu atlet olimpiade Korea Utara adalah Kye Sun Hui. Pada tahun 1996, pada usia 17 tahun, dia menjadi atlet termuda yang memenangkan medali emas dalam judo.
50. Keluarga Korea Utara rata-rata mempunyai dua anak.
51. Korea Utara adalah negara Stalinis terakhir di dunia.
52. Korea Utara diterima menjadi anggota PBB pada tahun 1991
53. Setelah kematiannya, Kim Il-sung dideklarasikan sebagai “presiden abadi” negara.
54. Korea Utara mempunyai laporan hak asasi terburuk dari semua negara. Penangkapan sewenang-wenang, tidak ada perlindungan, dan hukuman publik adalah sebagai norma.
55. Di kota-kota besar Korea Utara, kaum wanita tidak diperbolehkan memakai celana panjang atau mengendarai sepeda. Rok wanita harus menutupi lututnya.
56. Korea utara mempunyai banyak sumber daya mineral semenanjung, seperti bijih besi kwalitas tinggi, batubara keras mengkilap, batubara muda, batu fosfat, timah, emas, perak, dan tembaga.
57. Sekalipun Perjanjian Armistice pada tahun 1953 telah mengakhiri Perang Korea, baik Korea Utara maupun Korea Selatan menandatangi perjanjian damai, namun mereka masih berperang.
58. Di Korea Utara, ada satu dokter untuk setiap 700 orang dan satu tempat tidur rumah sakit untuk setiap 350 orang. Tingkat kematian bayi adalah 51.34/1,000.
59. Korea Utara menduduki ranking kedua sampai terakhir dalam Indeks Kebebasan press Dunia. (Eritrea adalah yang terakhir).
60. Para penyeberang Korea Utara menggambarkan kehidupan camp penjara, dimana siksaan, pemerkosaan, aborsi paksa dan pembunuhan bayi, kerja paksa, dan percobaan medis sering terjadi.
61. Korea Utara menyebut Perang Korea sebagai Perang Pembebasan Tanah Air, sedangkan Amerika menyebutnya dengan Perang Yang Terlupakan atau Perang Yang Tidak Dikenal. Korea Selatan menyebutnya dengan Perang 6-2-5 (yuk-i-o jeonjaeng) yang merujuk pada tanggal permulaan perang, 5 Juni.
 62.Di korea utara jika rakyatnya menggunakan ponsel samsung , mereka bisa saja terkena pidana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar