Nurbaiti

Selasa, 15 Maret 2016

58 fakta menarik tentang swedia negeri viking

55 FAKTA MENARIK TENTANG SWEDIA

semestafakta-1
1. Nama resmi Swedia adalah Kerajaan Swedia.
2. Stockholm adalah ibu kota dan kota terbesar di Swedia.
semestafakta-2
3. Swedia adalah Negara terbesar nomor 4 di Eropa.
4. Swedia adalah berbentuk demokrasi parlementer. Partai politik utama tergabung dalam dua blok: blok kiri tengah yang terdiri dari Demokrat Sosial, yaitu partai Kiri dan Partai Hijau; dan Blok Kanan tengah yang terdiri dari Partai moderat, yaitu Partai Tengah (Kristen Demokrat) dan Partai Liberal. Parlemen Swedia disebut dengan Riksdag, yang dipilih setiap empat tahun sekali.
semestafakta-18
5. Swedia berbagi perbatasan dengan Skandinavia, Finlandia, Norwegia, dan berbatasan dengan Denmark dengan dihubungkan oleh sebuah jembatan.
6. Penduduk Swedia adalah 9,2 juta dan 85% penduduknya tinggal di kota.
7. Berbaris untuk antri di Swedia adalah hal yang biasa. Ke manapun kamu pergi kamu harus bersabar ngantri membeli tiket. Di tempat manapun menggunakan sistem tiket. Oleh karena itu kamu harus bersabar mengantri untuk mendapat giliran.
8. Swedia terkenal menghormati waktu. Tidak memperhatikan kamu akan pergi interview penerimaan kerja atau membuat janjian dengan teman. Pertemuan akan dimulai tepat waktu, baik kamu sudah hadir maupun belum. Kereta berangkat tepat waktu baik dengan penumpang maupun tanpa penumpang.
9. Bulan Juli adalah bulan liburan dunia bisnis. Maka sudah wajar toko-toko atau restauran akan tutup selama sebulan penuh.
10. Disamping orang Swedia merayakan Hari Natal, Paskah, Pertengahan Musim Panas, dan Walpurgis Eve, juga terdapat perayaan penting, yaitu hari perayaan makanan, yang meliputi Shrove Tuesday (Fettisdagen), Waffle Day (Våffeldagen) pada tanggal 25 Maret; dan Cinnamon Bun Day (4 Oktober)
semestafakta-3
11. Di Swedia tidak umum membayar dengan uang secara cash. Kebanyakan orang menggunakan credit card atau kartu lainnya. Jika kamu membayar dengan uang cash kamu akan mendapatkan sejumlah uang koin kembalian.
12. Swedia adalah anggota Uni Eropa yang bergabung pada tahun 1995
13. Harapan hidup orang Swedia adalah yang paling lama di seluruh Negara Eropa.
14. Mencopot sepatu ketika akan masuk rumah pribadi di Swedia adalah hal yang penting. Hal ini mudah diterangkan karena kenyataan bahwa orang Swedia menghabiskan waktunya di luar rumah selama musim dan rumah harus dalam keadaan bersih. Mencopot sepatu juga dapat dianggap sebagai tanda hormat kepada rumah. Pada beberapa hal, mencopot sepatu ketika memasuki rumah seseorang di Swedia adalah suatu kewajiban.
15 Souvenir yang terkenal di Swedia adalah rambu-rambu lalu lintas untuk tanda lintasan rusa. Setiap tahunnya banyak rambu-rambu ini dicuri dari jalanan Swedia.
semestafakta-4
16. Antara tahun 1850 sampai tahun 1910 lebih dari 1 juta orang Swedia pindah ke Amerika.
17. Upacara penganugerahan Nobel di adalah di Swedia setiap tahunnya pada tanggal 10 Desember.
semestafakta-5
18. IKEA dan H&M adalah toko retail modern dari Swedia.
semestafakta-6 semestafakta-7
19. Swedia berposisi netral selama Perang Dunia I dan II.
20. Swedia mempunyai 10 reaktor nuklir.
not-nuclearantinukesolar-not-nuclear-47839023339_xlarge
21. Kerajaan Swedia juga meliputi Norwegia dan Denmark.
22. Di Swedia air keran aman diminum. Mengambil minuman dari keran di Swedia adalah hal biasa dan bisa menghemat uang dan lingkungan yang airnya sudah dijamin bersih dan segar.
23. Rata-rata orang Swedia mempunyai anak pada umur 30 tahun.
24. Swedia mempunyai restoran Mc Donald paling banyak per kapitanya di Eropa.
25. Hotel es pertama di dunia dibangun di dekat perkampungan Jukkasjärvi, di distrik Kiruna, Swedia.
semestafakta-8
26. Mall paling besar di Eropa adalah Nordstan, di Gothenburg.
semestafakta-9
27. Pada musim panas matahari terbit pada jam 3.30 pagi
28. Pada musim dingin matahari terbenam pada pukul 3.30 sore
29. Pemakaian kembali barang bekas (recyckling) sangat serius di Swedia, sampai-sampai sebuah perusahaan (FTI) memasang kamera untuk memastikan orang memilah-milah barang yang masih bias dipakai kembali dengan teliti.
30. Swedia sangat menghormati privasi, bahkan menaruh kamera video di ruang laundry untuk menangkap para vandalis adalah dianggap illegal
31. Orang Swedia adalah pekerja keras dan tekun dalam belajar, tetapi mereka juga butuh istirahat, dengan menikmati kopi yang dikenal dengan nama fika, yang bisa dinikmati bersama teman, keluarga atau kolega. Selain kopi juga dihidangkan the. Kebanyakan orang Swedia menikmati setidaknya satu fika sehari. Swedia adalah Negara pecinta kopi dan menduduki peringkat pertama dunia.
32. Fika adalah penting, khususnya ketika sedang bekerja, fika berlangsung pada jam 09.30 dan 14.30 setiap hari dan sering menjadi cara informal dalam menyelesaikan problem dan menemukan ide-ide baru
semestafakta-10
33. Bahasa Swedia adalah sama dengan bahasa Norwegia dan Denmark
34. Buku teks Amerika dijuallebih murah di Swedia daripada di Amerika
35. Belajar bahasa Swedia di sana membuat frustasi, karena setiap orang di Swedia lebih tahu bahasa Inggris daripada bahasa Swedia
36. Di Swedia terdapat kode perilaku masyarakat yang tidak bisa diterjemahkan secara langsung, yaitu istilah Lagom, yang terjemah bebasnya berarti ‘cukup’, ‘sedang’, ‘pantas’, dan sinonim lainnya. Ketika istilah tersebut digunakan berhubungan dengan perilaku masyarakat, maka akan berarti perpaduan cocok tanpa gambaran emosi yang ekstrim.
37. Jika kamu mempunyai bayi baru, maka anak kamu yang lain akan mendapat satu bulan perawatan gratis, sehingga kamu bias focus mengurus bayi yang baru lahir.
38. Pemeriksaan mobil setiap tahunnya meliputi cek keamanan secara menyeluruh dan kontrol polusi mobil.
39. Di Stockholm ada kamera kecepatan, dimana para sopir yang baik dalammengemudi akan menang dan mendapatkan uang.
40. Film “One Flew Over the Cuckoo’s Nest” diputar di bioskop Swedia 11 tahun berturut-turut.
semestafakta-11
41. Di asrama pelajar Flogsta, Swedia, setiap malam pada pukul 22.00, orang akan membuka jendela kamarnya dan menjerit selama beberapa menit. Tradisi ini masih kontroversi. Menurut penduduk local, itu hanya untuk melepas stress selama masa ujian yang kemudian menjadi kebiasaan setiap malam. Pendapat lain mengatakan bahwa kejadian itu bermula untuk mengenang siswa yang melakukan bunuh diri pada tahun 1970 an.
42. Orang Swedia dapat bertahan selama dua bulan tanpa makanan di dalam mobil yang dikepung salju
43. Partai politik terbesar ke-9 di Swedia adalah Partai Bajak Laut (Pirate Party)
44. Swedia adalah negara komunis. Swedia mempunyai sejarah panjang pemerintahan sayap kiri. Partai politik Socialdemokraterna adalah partai resmi selama perang dunia II sampai tahun 90-an dan telah membentuk pandangan politik Swedia sampai sekarang. Namun, setelah delapan tahun dengan pemerintahan liberal/konservatif (tergantung dari mana sisi pandangnya), Swedia dikritik karena terlalu berpihak ke sayap kanan.
45. Orang Swedia banyak melakukan bunuh diri karena masih menganut kepercayaan mitos kuno bahwa bunuh diri adalah cara menyelesaikan segala masalah.
46. Keterbukaan dan kesamaan adalah konsep yang penting di Swedia. Pasangan homoseksual adalah legal sejak tahun 1944, dan diperbolehkan menikah sejak tahun 2009. Swedia adalah Negara pertama dalam kebebasan pers (1766) dan menempati rangking pertama dalam masalah kebebasan pers.
47. Selama seminggu keluarga Swedia menghabiskan 1,2 kg permen, yang kebanyakan dinikmati pada hari Jumat dan Sabtu
48. Di Swedia ada 100.000 danau
49. Merek-merek perusahaan terkenal, seperti Ericsson, Electrolux, Zanussi adalah dari Swedia
50. Swedia mempunyai pabrik mobil terkenal, yaitu Volvo dan Saab
51. Swedia memilik group-group band terkenal di dunia, seperti ABBA, Roxette, The Cardigans, dan The Hives
52. Artis Ingrid Bergman dan Greta Garbo adalah dari Swedia
53. Astrid Lindgren, penulis Pippi Longstockingstories, adalah kelahiran Swedia.
semestafakta-15semestafakta-16
54. Olahraga sangat digemari di Swedia. Banyak olahragawan bersal dari Swedia, seperti Bjorn Borg, Mats Wilander, Stefen Edberg and Robin Soderling (tenis), Carolina Kluft (athletics), Annika Sorenstam (golf), Henrick Larsson, Zlatan Ibrahimovic (sepak bola), and Ingemar Johansson (tinju)
semestafakta-12semestafakta-13semestafakta-14
55. Viking adalah berasal dari Swedia, yang terkenal dengan sebutan Rus, yang melakukan perjalanan ke timur dan selatan. Selama abad ke-8, 9, 10, dan 11, Viking telah mengunjungi banyak tempat, seperti Finlandia, Rusia, Belarusia, dan Ukraina.
 



56.swedia terkenal dengan venomena matahari tengah malamnya
57.Swedia merupakan negara tercanggih pertama di eropa abad ke 15
58.swedia salah satu 5 besar pencetak ilmuwan dunia terbanyak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar