Nurbaiti

Minggu, 24 April 2016

110 FAKTA MENARIK TENTANG NEW ZEALAND (SELANDIA BARU) SEBAGAI NEGERA TER ISLAMIK

110 FAKTA MENARIK TENTANG NEW ZEALAND (SELANDIA BARU)

1. New Zealand pertama kali ditemukan oleh orang Eropa pada tahun 1642 ketika pelaut Belanda, Abel Tasman, tiba di New Zealand. Dia meninggalkan New Zealand setelah beberapa krunya dibunuh oleh suku Maori, dan tidak sampai tahun 1769, Kapten Inggris, James Cook, tiba di New Zealand dan membuat peta untuk daratan tersebut.
semestafakta-Abel Tasman semestafakta-James Cook
2. Ketika ditemukan oleh pelaut Belanda, New Zealand tidak dimasukkan ke dalam Amerika Selatan, maka namanya dirubah dari Staten Landt (Amerika Selatan) menjadi Nova Zeelandia (New Zealand), dari nama provinsi di Belanda, Zeeland.
3. New Zealand adalah bagian dari “ The Pasific Rim of Fire”. Gunung Ruapehu, yang berada di North Island tengah, adalah gunung berapi di New Zealand. Seluruh wilayah tersebut merupakan pusat vulkanik dan pernah terjadi erupsi besar pada 3000 tahun yang lalu.
semestafakta-Queen Elizabeth II
4. Kepala negara New Zealand adalah Ratu Elizabeth II. Dia diwakili di New Zealand oleh seorang Gubernur Jenderal yang mengesahkan seluruh undang-undang yang dibuat oleh parlemen terpilih New Zealand.
5. Orang New Zealand menyebut dirinya dengan Kiwi, yang sudah berlangsung sejak Perang Dunia I, dimana tentara dari New Zealand menggunakan panggilan nama tersebut. Dollar New Zealand juga disebut dengan Kiwi dalam pasar keuangan internasional. Dollar New Zealand bergambar burung kiwi pada satu sisi.
6. Burung asli Selandia Baru (New Zealand), yaitu burung Kea, menjadi terkenal karena menarik penyapu kaca mobil dan memakan potongan karet dari jendela.
semestafakta-kea bird2
7. Nama tempat di dunia adalah Taumatawhakatangihangakoauauotamateapokaiwhenuakitanatahu, yaitu bukit di teluk Hawkes.
semestafakta-Taumatawhakatangihangakoauauotamateapokaiwhenuakitanatahu
8. New Zealand adalah salah satu negara yang paling bebas dalam hal pernikahan sesama jenis dan prostitusi. Usia diperbolehkan mengkonsumsi minuman keras adalah 18 tahun, usia diperbolehkan mengendarai mobil adalah 15 tahun dan usia yang dianggap dewasa untuk urusan seks adalah 16 tahun.
9. Seorang Maori/New Zealand dan eks prostitusi, Georgina Beyer, menjadi anggota parlemen tran seksual pertama di dunia pada tahun 1999.
semestafakta-Georgina Beyer
10. Tidak ada bagian dari daratan Selandia Baru yang jaraknya lebih dari 128 km (79 mil) dari lautan.
11. Pada adegan dalam film Star Trek: First Contact, yaitu ketika kita melihat bumi dari angkasa, Australian dan Papua Nugini jelas terlihat, tetapi Selandia Baru tidak nampak.

12. Wellington adalah ibu kota paling selatan di dunia.
13. Hanya ada 5% populasi manusia di Selandia Baru. Sesanya adalah binatang.
14. New Zealand (dengan Denmark) adalah negara yang tingkat korupsinya paling rendah di dunia menurut Corruptions Perception Index.
15. Selandia Baru mempunyai kelompok band pipe Skotlandia per kapitanya lebih banyak dibandingkan negara lain di dunia.
16. Danau Biru, di Nelson Lakes National Park, mempunyai air terjernih di dunia
17. New Zealand adalah habitat bagi spesies dolpin terkecil di dunia.
18. New Zealand adalah habitat bagi katak Archey. Katak ini tidak biasanya, karena perkembangannya tidak melalui tahapan berudu. Telur katak Archey diletakkan di tanah yang basah kemudian menetas berupa katak dengan ekornya. Induk jantannya membawa anaknya di punggungnya. Namun, sayangnya, katak tersebut sekarang sudah jarang.
19. Di New Zealand tidak ada ular darat, baik asli New Zealand maupun pendatang.
20. New Zealand mempunyai tiga bahasa resmi, yaitu bahasa Inggris, Maori, dan bahasa isyarat New Zealand.
21. Pada tahun 2008, tempat bernama Milford Sound, menjadi tujuan wisata top dunia, menurut survei internasional.
22. Lompat Bungee awalnya berasal dari New Zealand. AJ Hackett pertama membuka lompat Bubgee komersil ini di jembatan di Queenstone pada tahun 1988. Setiap tahunnya ada 100.000 orang yang mencoba lompat Bungee.
semestafakta-bungeesemestafakta-queenston bridge
23. Manusia pertama yang mendaki Mount Everest adalah dari New Zelaland, yaitu Sir Edmund Hillary.
semestafakta-Sir Edmund Hillary
24. Nilai mata uang terendah New Zelanad adalah pecahan 10 sen.
25. Kebanyakan orang di New Zealand yang mati tiap tahunnya adalah akibat bermain Lawn Bowls daripada menelusuri gua bawah air.
semestafakta-lawn bowls
26. Pada tahun 1893, New Zealand menjadi negara pertama yang memberikan hak kepada kaum wanita untuk mengikuti pemilu.
27. Aucland adalah salah satu kota paling murah di dunia untuk ditinggali.
28. Satu dari tiga rumah tangga di Aucland memiliki perahu boat.
29. Nama New Zealand dalam bahasa Māori adalah  Aoetaroa, yang artinya “daratan dengan awan putih yang panjang”.
30. Pada tahun 2013, New Zealand melegalkan pernikahan sesama jenis.
31. Danau Taupo terbentuk oleh erupsi super vulkanis pada 26.000 tahun yang lalu. Debu dari erupsinya bisa terlihat sampai ke Cina.
32. New Zealand adalah habitat bagi weta besar, yaitu serangga paling berat di dunia. Insekta ini lebih berat dari burung pipit dan mirp seperti kecoa besar.
semestafakta-giant weta
33. New Zealand adalah seukuran Inggris, tetapi hanya mempunyai penduduk 4 juta (bandingkan dengan Inggris yang berpenduduk 63 juta jiwa).
34. Sekitar sepertiga dari daratan New Zealand dilindungi oleh taman nasional.
35. New Zealand terpilih sebagai negara terbaik di dunia pada tahun 2007 dan 2008 oleh majalah Wanderlust.
semestafakta-Wanderlust
36. Pelorus Jack adalah dolpin yang mengarahkan kapal melalu bahaya dan air berbatu di sekitar New Zealand pada awal tahun 1900-an.
37. New Zealand adalah tempat pertama yang mendapatkan sinar matahari, khususnya di kota kecil Rangitukia, di North Island.
38. Kebanyakan orang di New Zealand adalah tinggal di Auckland.
39. Auckland City Sky Tower (Menara Langit Kota Auckland) adalah bangunan tertinggi di Hemisphere Selatan, dengan ketinggian 328 meter.
semestafakta-Auckland City Sky Tower
40. Logo untuk Royal New Zealand Air Force adalah burung Kiwi, burung yang tidak bisa terbang.
semestafakta-air force
41. Hampir semua film Lord of the Rings dibuat di New Zealand. Dalam film Lord of the Rings, minuman bir yang nampak dalam film tersebut adalah minuman khas New Zealand yang mendapat julukan “pikiran yang membawa ketenangan” (sobering thought).
semestafakta-Lord of the Rings
42. Film Lord of the Rings menghabiskan dana $200 juta dari uang negara. Pemerintah New Zealand bahkan membentuk kementrian untuk memastikan banyaknya uang yang dihabiskan untuk pembuatan film tersebut.
43. Pada tahun 1996, ada seorang laki-laki masuk ke statiun radio di Wanganui dan menyandera manajernya. Penyandera menuntut agar diputarkan lagu Muppet yang berjudl “Rainbow Connection”.
44. Dua anjing penolong New Zealand diajarkan mengendarai mobil seperti truk, untuk membuktikan kepintaran anijng tersebut.
45. Tim badminton New Zealand bernama “The Black Cocks”, tetapi setelah setahun, nama tersebut dirubah karena banyak mendapat kritikan.
46. Pada tahun 1990, perdana menteri New Zealand menetapkan Ahli sihir nasional (National Wizard).
47. Pemain Rugby, Wayne Shelford, mendapati kantong buah zakarnya terbuka pada pertengahan permainan pada tangkapan yang jelek. Dia terus bermain di lapangan dengan sambil memegangi buah pelirnya.
48. SMA dan universitas di New Zealand diperbolehkan menyimpan satu pound Uranium atau Thorium untuk tujuan pendidikan. Namun, jika meledak akan menghabiskan dana $1 juta.
49. Di New Zealand ada bekicot karnivora besar.
semestafakta-giant carnivorous snail
50. Dari tahun 1867 sampai 1927, pemerintah pemerintah New Zealand berencana menanggunlangi kecelakaan kapal dengan membangun pondokan yang diisi penuh persediaan di pulau-pulau terjauh.
51. Di Dunedin, New Zealand terdapat jam yang sudah berjalan sejak tahun 1864.
52. Bandara Gisborne mempunyai jalan kereta api yang melintasi tengah-tengah landasan kapal terbang.
semestafakta-Gisborne airport
53. New Zealand mempunyai tingkat korban 58% dalam Perang Dunia I.
54. Buah kiwi pada mulanya dinamakan gooseberries.
semestafakta-Kiwifruit
55. New Zealand adalah produsen wol terbesar kedua di dunia, setelah Australia.
56. New Zealand adalah satu-satunya negara yang mempunyai dua lagu kebangsaan, yaitu God Save The Queen dan God Defend New Zealand.
57. Pantai Ninety Mile panjangnya 90 kilometer.
58. Burung Moa adalah burung khas New Zealand, tetapi sekarang sudah punah. Panjang kakinya adalah 12 kaki dan beratnya mencapai 230 kg.
semestafakta-moabird
59. Orang yang pertama kali memprakarsai operasi plastik adalah orang New Zealand, yaitu Harold Gilles.
semestafakta-Harold Gillies
60. Orang New Zealand, Baron Ernest Rutherford, adalah orang pertama yang berhasil memecah atom. Dia juga menemukan (dan menamai) proton.
61. New Zealand adalah satu-satunya negara yang mempunyai tiga posisi tinggi serempak yang semuanya dipegang oleh seorang wanita, yaitu perdana menteri Helen Clark, Gubernur Jenderal Dame Silvia Cartwright dan Kepala Pengadilan Sian Elias.
semestafakta-Sian Elias
Sian Elias

semestafakta-Dame Silvia Cartwright
Dame Silvia Cartwright

semestafakta-Helen Clark
Helen Clark

62. Restoral Pizza Hut tidak mendapatkan keju Mozzarella dari Italia, Pizza Hut membelinya dari Taranaki, New Zealand.
semestafakta-mozzarella cheese 2
63. Pohon Kauri di New Zealand memerlukan waktu 200 tahun untuk mencapai usia dewasa/masak. Pohon Kauri terbesar di dunia, Tāne Mahuta (Raja Hutan), yang berada di hutan Waipoua, mempunyai panjang lingkar 43 kaki (13 m) dan setinggi 169 kaki (15,5 m). pohon ini berusia sekitar 2100 tahun.
-¶!∞
64. Pohon Pohutukawa adalah pohon natal New Zealand. Pohon ini berbunga selama beberapa minggu setiap bulan Desember dengan bunga berwarna merah.
semestafakta-Pohutukawa treesemestafakta-Pohutukawa tree2
65. New Zealand dikatakan mempunyai helikopter lebih banyak per kapitanya dibandingkan penduduk di negara lainnya. Mereka pertama kali menggunakan pada tahun 1960-an untuk memilih rusa, dengan mencapai jumlah 50 helikopter untuk memilih rusa sebanyak 200 ekor setiap harinya.
66. Orang New Zealand suka tempat terbuka. “Petualangan” (jalan-jalan atau hiking) adalah rekreasi yang paling populer.
semestafakta-Navman GPS
67. New Zealand adalah penemu jarum suntikan habis pakai, pagar listrik, tutup pengaman botol obat dari jangkauan anak-anak dan GPS Navman.
68. Terletak pada 178° garis lintang, Gisborne, adalah kota di dunia yang pertama kali yang bisa melihat matahari terbit setiap harinya. Gisborne hanya berjarak 308,4 mil (496,3 km) dari International Date Line (Garis Batas Tanggal Internasional). Peristiwa keberuntungan geografi ini terjadi pada 31 Desember 1999, ketika kota tersebut ditayangkan oleh televisi seluruh dunia dalam rangka menyambut millenium baru.
69. Wasit pertama di dunia yang menggunakan peluit untuk menghentikan permainan adalah William Atack dari Christshurch, New Zealand, pada tahun 1884.
semestafakta-William Atack of Christchurch
70. Buku laris dalam sejarah New Zealand adalah buku Edmonds Cookery Book, yang pertama kali terbit pada tahun 1908 untuk mempromosikan penggunaan Edmonds Baking Powder. Pada tahun 2003, pada edisi yang ke-51, berhasil terjual sebanyak empat juta kopi di dalam penduduk yang jumlahnya hampir menyamai jumlah penjualan buku.
semestafakta-Edmonds Cookery Book
71. Kue yang paling terkenal di New Zealand adalah Pavlova, yaitu semuacam kue moringue yang bagian atasnya ditutupi dengan krim dan irisan buah segar. Namanya diambil dari nama untuk menghormati penari ballet wanita, Anna Pavlova, yang mengunjungi New Zealand pada tahun 1920-an. Selama beberapa dekade terjadi perselisihan tentang siapa yang menemukan kue tersebut, apakah Austrlia atau New Zealand. Setelah diteliti selama bertahun-tahun, kemudian disimpulkan bahwa resep tersebut asli dari New Zealand, tetapi yang memberi nama adalah istri dari manajer pub hotel di Autralia Barat.
semestafakta-pavlova
72. Belut New Zealand hidup sampai 80 tahun dan hanya beranak sekali saja dalam seluruh hidupnya.
73. Sumber air Te Waikoropupu (dikenal dengan sumber air Pupū) mengeluarkan 3.698 (14.000 liter) air per detiknya dan merupakan sumber air segar terbesar di New Zealand, dan merupakan sumber air dingin terbesar di Hemisphere Selatan, serta mengandung air yang terjernih yang pernah diukur di luar antartika.
semestafakta-Crystal Clear Te Waikoropupu Springs
74. Seorang ahli astrofisika kelahiran New Zealand, Dr. William Pickering, adalah yang mendasari pencapaian program ruang angkasa NASA. Sebagai direktur Jet Propulsion Lab (JPL) di Cal Tech, Pickering menjadi figur kunci dalam ekspedisi Mariner II ke Venus pada tahun 1963 dan Ranger VII ke Mars pada tahun 1965; Ranger VIII, yang berhasil memotret permukaan bulan pada tahun 1966; dan Apollo XI, yang mendaratkan Neil Armstrong sebagai manusia pertama yang menginjakkan kakinya di bulan pada tahun 1969.
semestafakta-Dr. William Pickering
75. Ulat bercahaya (Arachnocampa luminosa) sebenarnya adalah larva serangga jamur (seperti nyamuk) yang berada di atap gua di New Zealand. Cahaya hijau kebiru-biruan berasal dari bulu halus di tubuhnya yang digunakan untuk menangkap serangga yang sedang terbang. Ketika sedang lapar maka cahayanya lebih terang.
semestafakta-Arachnocampa luminosa
76. Seorang penduduk kota Bluff, New Zealand, Jim Burke, adalah pemegang rekor dunia membuka tiram paling banyak (1.719) dalam satu jam.
77. Orang New Zealand, Alexander von Tunzellman dipercaya sebagai orang yang pertama kali melintasi antartika di Cape Adare pada Januari 1895. Orang New Zealand juga ambil bagian dalam eksplorasi oleh orang Inggris, Robert Falcon Scoot dan orang Irlandia keturunan Inggris, Ernest Shackleton antara tahun 1900 dan 1917.
78. Nancy Wake, kelahiran New Zealand (nama sandinya White Mouse/Tikus Putih) memimpin serangan gerilya melawan Nazi dengan 7000 tentara yang kuat. Dia mempunyai tanda jasa dobel sebagai orang yang paling dicari dan menjadi wanita yang paling berjasa selama Perang Dunia II. Dia pernah membunuh tentara SS (Nazi) dengan tangan kosong.
semestafakta-Nancy Wake
79. Lagu “How Bizare” menjadi lagu hit di Eropa, Inggris, Amerika, dan Austrlia selama tahun 1996. Lagu tersebut adalah dari kelompok band New Zealand, OMC (Otara Millionaire’s Club).
semestafakta-OMC
80. Dame Kiri Te Kanawa adalah orang paling terkenal di New Zealand, yang lahir di Gisborne pada tahun 1944. Sebagai mega bintang dalam dunia opera, dia berperan dalam mengorbitkan perempuan-perempuan di rumah opera yang terkenal dan dia menyanyi di depan 600 juta audien pada pernikahan Pangeran Charles dan Lady Diana pada tahun 1981. Pada tahun 2005, dia mengajak konser bersama dengan bintang pop Aussie, John Farnham setelah melihat video penampilannya.
semestafakta-Dame Kiri Te Kanawa
81. Pākehāadalah istilah dari bahasa Maori untuk “orang asing” dan khususnya untuk menunjuk keturunan Eropa. Kata tersebut berasal dari kata pakepakeha yang artinya “peri berulit putih/pucat” atau bisa juga berarti “babi putih”.
82. Istilah “taboo” dalam bahasa Inggris berasal dari bahasa Maori, tapu, yaitu kepala dan terutama rambutnya, yang sering dihiasi dengan bulu burung elang dan minyak hiu adalah kebanyakan dari bentuk tapu.
83. Maori memuja Pounamu (permata Nephrite hitau tajam) dan Tangi Wai (bowenite tembus cahaya dan lembut) yang biasanya dikenal dengan batu hijau. Menurut suku Maori, semua area barat daya New Zealand dikenal dengan nama Wāhipounamu (tempat batu hijau).
semestafakta-Pounamusemestafakta-Tangi Wai
84. pada tahun 1926, orang dari Hunterville, New Zealand, seorang petani bernama John Lambert mempromosikan ide menggunakan pesawat udara kecil untuk menaburkan pupuk. Tindakan ini dipercaya menjadi cara pertama di dunia.
85. Penjelajah dari Inggris, Kapten James Cook, adalah pelopor bir di New Zealand ketika dia pertama kali mendirikan tempat pembuatan bir di New Zealand, tepatnya di Dusty Sound.
86. Menurut Lehenda suku Maori di New Zealand, orang yang mati akan melompati pohon Pohutakawa di puncak Cape Reinga untuk memulai perjalananya ke dunia bawah tempat air bergejolak, dimana Samudera Pasifik dan Laut Tasman bertemu.
87. Herbert James “Burt” dari Munro of Invercargill, New Zealand, masih mempunyai sepeda motor dengan kecepatan 1000 cc. Perjalanan resminya diukur waktunya dalam Utah’s Bonneville Salt Flats pada tahun 1967, pada kecepatan 183.567 mph (295.422 kph). Ceritanya diceritakan pada tahun 2005 dalam film berjudul The World’s Fastest Indian.
semestafakta-Herbert Jamessemestafakta-The World’s Fastest Indian
88. Orang New Zealand, John Britten, mendesain dan membuat sepeda motor balap, yang dinamai dengan Britten V1000, yang berhasil menempati kedua dan ketiga di Battle of the Twins di Daytona di tahun-tahun pertama pembuatannya (1991), dan kemudian memenangkannya. Sepeda motor ini masih dianggap sebagai salah satu “sepeda motor yang mempunyai teknis rumit dan maju di dunia”.
semestafakta-John Britten
89. Orang New Zealand, Richard William Pearse, dipercaya yang pertama melakukan uji coba terbang pada 31 Maret 1903, sembilan bulan lebih awal dari Wright Brother (yang dianggap sebagai penemu kapal terbang) di Amerika.
90. Banyak ahli percaya kalau Kumara, yaitu sejenis kentang manis yang dibawa suku Maori ke New Zealand adalah berasal dari Amerika Selatan.
91. Orang New Zealand sangat gemar memiliki mobil. Dengan 2,5 juta mobil yang dimiliki oleh empat juta penduduknya, termasuk anak-anak, menjadikan New Zealand menduduki ranking pertama dunia dalam kepemilikan mobil.
92. New Zealand melarang memberi nama anaknya dengan nama-nama yang aneh/ganjil, seperti Jenderal, Keenan Got Lucy, Mr, Cinderella Beauty Blossom, Lucifier, Yeah Detroit, dan Fat Boy.
93. Banyak ikan pelangi di sungai seberat 2 kg sampai 3 kg ditangkap setiap tahunnya di New Zealand dibandingkan tangkapan di seluruh dunia.
semestafakta-rainbow trout
94. Dua mahasiswa Massey University memecahkan Guinness World Record pada bulan Desember karena berhasil membuat bola terbesar dari plester/stiker. Bola tersebut beratnya 53 kg dan panjang lingkarnya adalah 2,5, dibuat dari plester wiski Scotch.
95. Jarak kelahiran terpendek di dunia adalah 208 hari. Orang New Zealand, Jayne Bleackley melahirkan anaknya yang bernama Joseph Robert pada 3 September 1999, dan kemudian melahirkan lagi anaknya yang bernama Annie Jessica Joyce pada 30 Maret 2000.
semestafakta-Jayne Bleackley
96. Jika dihitung setiap orangnya, New Zealand memproduksi 100 kg mentega dan 65 kg keju setiap tahunnya.
97. Sebagian besar orang New Zealand menikah dalam usia yang sudah tua. Statsitik terbaru memperlihatkan bahwa usia sedang kaum laki-laki dan perempuan melakukan pernikahan adalah usia 29,9 dan 28,1 tahun. Pengantin laki-laki dan pengantin wanita rata-rata menikah selisih sembilan tahun usianya dibandingkan yang dilakukan ayahnya.
98. Gangguan terlama di dunia terjadi pada 19 Februari 1998, ketika empat kabel utama yang mensuplai kota Auckland terutus. Gangguan tersebut terjadi selama 66 hari, yang menyebabkan terganggunya 7500 bisnis dan konsumen rumahan, sehingga menelan biaya $300 juta.
99. Di New Zealand banyak toko buku. Ada satu toko buku untuk setiap 7500 penduduk.
100. New Zealand mempunyai banyak restoran McDonalds.
101. Pada sensus tahun 2001, ada 53.715 warga New Zealand yang memeluk agama yang dikenal dengan nama “Jedi”
102. Nama kota Hamilton di New Zealand diambil dari nama John Charles Hamilton, yaitu kapten HMS Esk, yang terbunuh pada tahun 1864 karena bertempur dengan orang Maori. Sebelum meningal kata-kata terakhir yang diucapkan adalah “Ikuti aku!”
semestafakta-John Charles Fane Hamilton
103. Hangi adalah cara memasak khas Maori yang telah digunakan selama 2000 tahun.
104. New Zealand mempunyai banyak kursusan golf. Ada sekitar 400 kursus yang mengajarkan cara golf.
105. Semua bentuk iklan, promosi, dan sponsor rokok dilarang di New Zealand.
106. Jika kamu terluka di New Zealand, apapun penyebabnya, maka Komisi Kompensasi Kecelakaan (Accident Compensation Commision) akan memberikan pengobatan gratis kepada kamu, akan membayar gaji kamu ketika sudah sembuh, dan akan mendapatkan kompensasi jika dianggap pantas.
107. Tim sepak nasional New Zealand (tim sepakbola Aka) disebut dengan “All Whites”, dan tim rugby nasional nya disebut dengan “All Blacks”.
108. New Zealand mempunyai Foxton Fizz, yaitu minuman bersoda yang sudah ada sejak tahun 1918.
semestafakta-Foxton Fizz

109. Pagar bra terpanajang di dunia berada di Cardrona Cetral Otago di Selandia Baru. Berawal pada 1999 diantara libur Natal dan tahun baru, ketika bra empat perempuan yang ditemukan menempel pada pagar kawat di sepanjang jalan. Tidak diketahui siapa yang melakukannya dan apa alasannya. Tapi isu yang beredar mengatakan, bahwa bra tersebut milik sekelompok perempuan yang merayakan tahun baru di Cardrona Hotel dan setelah meninggalkan pub larut malam, mereka memutuskan untuk melepas bra mereka serta menggantung di pagar.Melihat beberapa pakaian dalam yang menggantung di pagar tersebut, membuat banyak perempuan terinspirasi melakukan hal yang sama. Hingga pada akhir Februari 2000, bra yang menghiasi pagar tersebut sudah mencapai 60 buah.


















semestafakta-Cardrona Cetral Otago
Sebuah penelitian sosial bertema ”How Islamic are Islamic Countries” menilai Selandia Baru berada di urutan pertama negara yang paling islami di antara 208 negara, diikuti Luksemburg di urutan kedua. Sementara Indonesia yang mayoritas penduduknya Muslim menempati urutan ke-140.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/alisyarief/ternyata-new-zealand-lebih-islami-dari-indonesia_550913eaa33311e3452e3b7b
110. sebuah penelitian sosial bertema How islamic are islamic countries menilai selandia baru negara paling islamik dari 208 negara yang dinilai sementara indonesia yang mayoritas masyarakatnya muslim menempati urutan ke 150


Sebuah penelitian sosial bertema ”How Islamic are Islamic Countries” menilai Selandia Baru berada di urutan pertama negara yang paling islami di antara 208 negara, diikuti Luksemburg di urutan kedua. Sementara Indonesia yang mayoritas penduduknya Muslim menempat

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/alisyarief/ternyata-new-zealand-lebih-islami-dari-indonesia_550913eaa33311e3452e3b7b
Sebuah penelitian sosial bertema ”How Islamic are Islamic Countries” menilai Selandia Baru berada di urutan pertama negara yang paling islami di antara 208 negara, diikuti Luksemburg di urutan kedua. Sementara Indonesia yang mayoritas penduduknya Muslim menempati urutan ke-140.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/alisyarief/ternyata-new-zealand-lebih-islami-dari-indonesia_550913eaa33311e3452e3b

Tidak ada komentar:

Posting Komentar