Nurbaiti

Senin, 18 April 2016

51 fakta menarik Negara Panama negara yang mengguncang dunia lewat sekandal panama papersnya

51 FAKTA MENARIK TENTANG PANAMA

semestafakta-panama flag
1. Nama Panama adalah dari bahasa pribumi yang artinya “ikan yang melimpah”, karena Panama mempunyai 14.000 spesies ikan.
2. Bahasa resmi Panama adalah Bahasa Spanyol. Di samping itu warga Panama juga berbahasa Inggris dan Bahasa Panama.
3. 80% penduduk Panama beagama Katolik Roma dan 15% beragama Protestan.
semestafakta-panama canal
4. Terusan Panama dibangun oleh teknisi tentara Amerika atas ide John Stevens pada tanggal 4 Mei1904 sampai tahun 1914. Pembangunan terusan ini sebelumnya telah dilakukan oleh Perancis tapi gagal dan memakan korban pekerja sebanyak 22.000 karena penyakit dan kecelakaan. Terusan Panama awalnya direncanakan dibuat di Nikaragua. Terusan Panama bisa menghemat perjalanan laut sejauh 7.872 mil.

5. Panama baru bisa mengontrol penuh terusan Panama pada tahun 1999, yang sebelumnya diawasi oleh tentara Amerika dari tahun 1979 sampai tahun 1999.
semestafakta-norwegian pearl
Norwegian Pearl

6. Semua kapal yang melintasi Terusan Panama harus membayar tol. Besarnya tol tergantung pada jenis kapal, ukuran dan muatannya. Tol tertinggi yang pernah dibayarkan adalah $376.000 oleh kapal pesiar Norwegian Pearl pada tahun 2001, disusul oleh kapal pesiar Disney Magic yang membayar $331.000 pada Mei 2008. Tol terendah adalah 36 sen yang dibayarkan oleh Richard Halliburton yang berenang di terusan tersebut pada tahun 1928. Kapal barang pertama yang melintas Terusan Panama adalah Kapal Ancon pada tanggal 15 Agustus 1914.
semestafakta-Richard Halliburton2
Richard Halliburton
semestafakta-Richard Halliburton
7. Terusan Panama beroperasi menggunakan sistem 3 kunci. Untuk bisa melintas dari Samudera Atlantik ke Samudera Pasifik dan sebaliknya, kapal harus melalui Danau Gatun, yang berada 85 kaki di atas permukaan laut. Kunci tersebut menaik dan menurunkan kapal dari permukaan laut agar melintasi danau.
semestafakta-canal map
8. Dengan menghabiskan dana sebesar 8 juta dollar, rel kereta api Terusan Panama adalah rel paling mahal yang pernah dibuat dan merupakan rel tertua yang dioperasikan di dunia, yang membawa penumpang dari Panama City menuju Colon dan sebaliknya.
9. Karena bentuk daratannya yang menyerupai ular, Panama adalah satu-satunya negara dimana kita bisa menyaksikan matahari terbit dari samudera Pasifik dan terbenam di samudera Atlantik.
semestafakta-panama map
10. Daratan di Panama sejauh 80 km adalah yang memisahkan Samudera Atlantik dengan samudera Pasifik.
11. Panama dianggap sebagai tempat menikmati burung dan memancing, terkenal sebagai tempat perlindungan burung terbesar dibandingkan di Amerika dan Kanada.
12. Sejak tahun 1923, pusat penelitian ilmiah tropis utama di dunia, yaitu Smithsonian Institute of Tropical Research ditempatkan di Panama karena Panama tempat Samudera Pasifik dan Atlantik saling berdekatan, dimana spesies keduanya berkembang dengan cara yang berbeda dan menjadi tempat penelitian yang menarik.
13. Panama adalah tempat beberapa kejuaraan surfing. Waktu yang tepat surfing adalah antara bulan Mei sampai Oktober dan November sampai Agustus, terutama di pantai Santa Catalina, Pedasi, dan Venao.
14. Panama adalah habitat bagi 10.000 spesies tanaman yang berbeda-beda, termasuk 1200 varietas anggrek, 678 tumbuhan paku, dan lebih dari 1500 varietas tumbuhan.
semestafakta-balboa
15. Dollar Amerika adalah mata uang resmi Panama yang digunakan untuk uang kertas, tetapi mata uang nasionalnya disebut dengan Balboa.
semestafakta-balboa2
16. Panama memunyai populasi terendah di Amerika Tengah. Sekitar 70% penduduknya adalah merupakan campuran orang Eropa dan pribumi Amerika.
semestafakta-Mireya Moscoso
17. Panama memilih presiden wanita pertama pada tahun 1999, yaitu Mireya Moscoso.
18. Baseball adalah olahraga terkenal di Panama bersama dengan tinju dan sepak bola.
19. Atlet terkenal Panama adalah juara tinju kelas ringan dan kelas berat, yaitu Roberto Duran dan bintang baseball nya adalah Rod (Rodney) Carew.
semestafakta-Roberto Duránsemestafakta-Rod (Rodney) Carew
20. Polisi di Panama pada umumnya jujur dan suka menolong. Jika dirampok atau menjadi korban kejahatan, kamu harus segera lapor ke kantor polisi setempat, khususnya jika kamu ingin mengajukan klaim asuransi. Panama mempunyai polisi turis (policia de turismo) yang dipekerjakan khusus berhubungan dengan para turis luar negeri dan mereka fasih berbahasa Inggris. Mreka memakai ban lengan berwarna putih dan menaiki sepeda.
semestafakta-Manuel Noriega
21. Diktator Manuel Noriege dipecat pada tahun 1989.
22. Panama mempunyai hutan hujan terluas kedua di Hemisphere Barat yang berada di Panama City.
23.. Pulau Isla de Coiba Panama adalah tempat penjara para kriminal berbahaya selama 85 tahun, mirip dengan penjara Alcatraz. Setelah penjara ini ditutup, pulau tersebut (bersama dengan 38 pulau lainnya dan perairan di sekitarnya) menjadi UNESCO World Heritage.
semestafakta-Panama’s Isla de Coiba
24. Pulau Coiba dibuat pada tahun 1919 sebagai tempat tahanan. Di sana terdapat 3000 tahanan politik, yang dikenal dengan “Los Desaparecidos, di bawah diktator Omar Torrijos dan Manuel Noriega. Setelah kedua diktator tersebut lengser, penjara tersebut ditutup pada tahun 1990 dan narapidana terakhir meninggalkan penjara pada tahun 2005.
25. Panama negara dengan banyak bank dan insitusi keuangan. Karena bank menjadi aktivitas utama ekonominya, maka Panama menerapkan banyak undang-undang yang melindungi bisnis dari orang luar. Undang-undang atau hukum tersebut jumlahnya mencapai 40, termasuk undang-undang privasi perbankang dan undang-undang kesamaan orang asing dengan orang dalam negeri.
26. Panama adalah satu-satunya negara di Amerika Tengah yang kaya dengan katedral bersejarah. Banyak uskup datang membantu pembangunan katedral pertama di Amerika Tengah dan menjadi penasihat bagi pembangunan tersebut.
semestafakta-metropolitan chatedral
27. Salah satu katedral yang terkenal adalah Katedral Metropolitan. Katedral ini dibangun di Casco Viejo dan menunjukkan pengaruh Spanyol. Pembangunannya memakan waktu 108 tahun, dibangun pada tahun 1688 dan selesai pada tahun 1796.
28. Menurut Majalah Modern Maturity, Boquete adalah salah satu tujuan terbaik untuk beristirahat. Memang di sana banyak pembeli dan investor real estate yang kebanyakan adalah para pensiunan.
29. Panama adalah zona bebas bea masuk terbesar kedua di dunia. Panama juga mempunyai para pendaftar terbesar kedua untuk perusahaan-perusahaan lepas pantai, setelah Hongkong.
30. Pada tanggal 29 Februari 1968 terjadi lalu lintas paling padat di terusan Panama. Ada 65 kapal yang melintasi terusan tersebut.
31. Pada bulan Juni 1979 kapal U.S. Navy hydrofoil Pegasus menjadi kapal tercepat yang melintasi terusan Panama, yang memakan waktu 2 jam 41 menit.
32. Lebih dari 60.000.000 pond dinamit digunakan untuk menggali Terusan Panama.
semestafakta-Captain Morgan
33. Merek minuman keras Captain Morgan mensponsori ekspedisi ke Panama dalam rangka menemukan armada yang hilang dari bajak laut Henry Morgan dan mencari rongsokan kanon, senjata, dan pedang yang mungkin berada di kapal tersebut.
34. Merokok di tempat tertutup dilarang di Panama.
35. Senator John McCain, yang pernah menjadi kandidat calon presiden Amerika adalah kelahiran Panama, yaitu di sekitar terusan panama, yang waktu itu masih masuk teritorial Amerika.
36. Musik khas Panama adalah Cumbia, Tamborito, Congo, Tipico, Salsa, Jazz, Calypso.
semestafakta-cumbia  semestafakta-Tamborito

37. Makanan khas Panama sangat banyak variasinya. Makanan pokoknya yaitu Arroz con guandú, Arroz con bacalao,  Arroz con pollo Guacho, Arroz con mollejas,  Arroz con tities y coco, Arroz verde Arroz con puerco y vegetales, Arroz con chorizo y ajíes dulces,Sancocho, Carne Entomatada, Mondongo a la culona, Salpicón de carne, Bistec picado, Pernil de pueco al horno, Chorizo con vegetales, Chuletas en salsa de piña, Bistec de hígado: Liver steak, Ropa viejaCeviche, Ensalada de papas, TamalesTamal de olla, Plátano en tentacion, Tasajo- Dried.
semestafakta-Arroz con pollo
Arroz con pollo
semestafakta-Arroz con guandú
Arroz con guandú
semestafakta-sancoco
sancoco


38. Makanan pencucui mulutnya adalah Bocado de la reina, Cabanga, Huevitos de leche’, Manjar, Cocadas, Pesada de nance, Tres leches
semestafakta-Bocado de la reina
Bocado de la reina
semestafakta-Pesada de nance
Pesada de nance

39. Minuman khasnya adalah Chicha, Chicheme, Resbaladera, Ron ponche, kahlua.
semestafakta-Chichasemestafakta-Resbaladera
40. Orang Panama menyukai Raspados, yaitu minuman dari butiran es yang biasanya berbentuk kerucut.
semestafakta-raspados
41. Taman nasional Panama adalah Altos de Campana, Amistad, Bastimentos Island, Cerro Hoya, Cioba Island, Chagres, Darien, El Cope, Las Cruces Trail, dan Metropolitan.
semestafakta-portobelo
portobelo

42. Setiap tahun pada tanggal 21 Oktober, ribuan orang berziarah ke Portobelo untuk bertobat atas dosa-dosanya di depan patung Kristus hitam yang dipercaya bisa memberikan keburuntungan dan keselamatan. Tidak ada orang yang bisa memastikan kapan patung tersebut sampai di Portobelo (diperkirakan tahun 1600-an).
semestafakta-black christ in portobelo
43. Panama adalah salah satu dari sedikit negara di dunia yang tidak memiliki tentara. Panama hanya memiliki Panamanian Public Forces yang dibentuk untuk menjaga ketertiban negara tersebut.
44. Ada tujuh dari sepuluh orang Panama mendengarkan lagu “Panama” oleh Van Helen.
45. Topi khas Panama sebenarnya dibuat di Ekuador.
46. Panama khawatir menggunakan banyak listrik karena kondisi yang kering. Oleh karena itu, setiap sore listrik dimatikan selama 4 jam.
47. Kota Panama adalah satu-satunya kota yang memiliki hutan hujan di dalam kota.
48. Berbeda dengan negara-negara Amerika Tengah, air kran di Panama aman diminum.
49. Di Panama jarang terjadi angin topan dan badai tropis, karena posisinya di sebelah selatan “Lorong Badai”.
50. Teluk Pinas tekenal dengan tempat memancing ikan yang terbaik di dunia dan merupakan tempat dari 250 International Game Fish di dunia.
51. Panama sempat menghebohkan Dunia lewat sekandal panama papers.a, yaitu sebuah dokumen yang membocorkan penggelapan pajak  dari seluruh jajaran petinggi di dunia, pengusaha media chairul tanjung disebut sebut tercatut dalam skandal panama pepers ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar