Nurbaiti

Minggu, 24 April 2016

79 Fakta Menarik Tentang Spanyol Sebagai Negara Industri Sepak Bola

78 FAKTA MENARIK TENTANG SPANYOL

spain-semestafakta
1. Banyak kelompok orang yang sudah menempati Spanyol sepanjang sejarah, yaitu bangsa Iberia, Phoenisia, Yunani, Romawi, Visigoth, Celt, Basque, dan Moor (muslim yang datang dari Afrika Utara)
2. Pena bulu ayam dianggap berasal dari Spanyol sekitar 1400 tahun yang lalu.
3. Sumbangan abadi Spanyol kepada dunia adalah bahasa, yang diimport ke Amerika bersamaan dengan ekspansi kerjaan Spanyol pada abad ke-16. Sekarang, lebih dari 400 juta orang berbicara dengan bahasa Spanyol di 22 negara, termasuk 35 juta orang yang berbicara dengan bahasa Spanyol di negara Amerika.
4. Gunung Pyrenees berdiri kokoh di sebelah utara, dan Spanyol hanya 9 mil dari Maroko di selatan, Spanyol telah sama-sama mempunyai sejarah awal dengan Afrika.
5. Nama resmi Spanyol adalah Kerajaan Spanyol (Kingdom of Spain).
6. Semenanjung Iberia adalah tempat perlindungan selama zaman es terakhir, maka sebagian besar dari Spanyol adalah Eropa utara yang disensus kembali penduduknya  setelah zaman es berakhir.
7. Aktor Spanyol terkenal diantaranya adalah Seca, Hadrian, Antonio Banderas, Penelope Cruz, Salvador Dali, El Greco, Pablo Picasso, Francisco de Goya, Jose Carreras, dan Domingo.
8. Pada tahun 2006, 58 juta turis mengunjungi Spanyol dan kepulauanya. Turis asing menghabiskan $51 miliar pada tahun 2006. Spanyol adalah negara kedua yang paling banyak dikunjungi di dunia setelah Perancis.
9. Penjelajah Spanyol, Juan Rodriguez Cabrillo (1499-1543) adalah yang menemukan California.
spain2-semestafakta

10. Pada tahun 1603, nelayan Spanyol, Gabriel de Castilla (1577-1620) menjadi manusia pertama yang pernah melihat Antartica.
11. Nelayan Spanyol, Juan Sebastián Elcano (1476-1526) adalah manusia pertama yang mengelilingi bumi.
spain3-semestafakta
12. Penjelajah Spanyol, Vasco Núñez de Balboa (1475-1519) adalah orang pertama Eropa yang melihat samudera Pasifik.
spain4-semestafakta
13. Novel pertama, Tirant lo Blanc (1490) ditulis oleh penulis Spanyol bernama Joanot Martorell (1413-1468). Diterjemahkan menjadi Tirant the White, berperan penting dalam perkembangan novel Barat.
spain5-semestafakta
14. Orang Phoenisia yang masuk ke Spanyol pada abad ke-8 SM menyebut semenanjung ini dengan Span atau “daratan yang tersembunyi”.
15. Bahasa resmi Spanyol adalah Spanyol Castilian (74%), meski Catalan (17%), Galician (7%), dan Basque juga diucapkan.
spain6-semestafakta
16. (1420-1498) adalah inkuisitor Agung pertama dalam inkuisis Spanyol. Namanya dihubungkan dengan horor inkuisisi, fanatisme, dan kefanatikan. Ironisnya, dia keturunan dari converso, atau seseorang yang pindah ke Kristen dari Yahudi atau Islam. Pada tahun 1832, makamnya dibongkar dan tulangnya dicuri dan dibakar.
17. Selama zaman es terakhir, sebagian besar Eropa tertutup oleh es, dan sebagian besar Spanyol cukup jauh dari es. Akibatnya, tumbuh-tembuhan yang tersapu di Eropa akan bertahan di Spanyol. Eropa mempunyai 9000 spesies tumbuhan; di Spanyol saja ada lebih dari 8000 spesies tumbuhan, dengan 2000 darinya adalah unik dari negara tersebut.
18. Penemu Spanyol, Manuel Jalón Corominas (1925-2011) menemukan alat pengepel pada tahun 1956.
19. Nelayan dan teknisi Spanyol, Isaac Peral (1851-1895) mendesain kapal selam militer pertama yang beroperasi penuh.
20. Ahli bedah dan ilmuwan, Miguel Servet (1511-1553) adalah orang Eropa pertama yang menggambarkan sirkulasi paru-paru.
21. Agen rangkap Spanyol, Joan Pujol Garcia mungkin satu-satunya orang yang pernah menerima Salpn Besi (Iron Cross) dari Inggris dan Jerman. Code bernama Garbo, dia memainkan peran penting dalam Hari-D pada akhir Perang Dunia II.
22. Spanyol adalah habitat bagi jenis kera tidak berekor, yaitu macaque, yang hanya ada satu tipe kera liar yang hidup di Eropa.
23. Spanyol dan Portugal menyediakan banyak pohon cork dunia. Pohon cork tumbuh subur di wilauaj Meseta yang kering di Spanyol.
24. Bangsa Moor, yang memerintah Spanyol selama 800 tahun, memperkenalkan teknik ilmiah baru kepada Eropa, seperti astrolable, yaitu alat untuk mengukur posisi bintang dan planet. Pada zaman keemasannya, Cordoba, jantung wilayah orang Moor di Spanyol, adalah kota modern terbesar di Eropa, dengan jalan raya yang terang dan air yang mengalir.
25. Syair terkenal Spanyol, Cantar del mio Çid, menceritakan tenang legenda El Cid, seorang pahlawan Spanyol dalam perang antara orang Kristen dan orang Moor. Syair tersebut berdasarkan tokoh nyata, yaitu Rodrigo Díaz de Vivar (1043-1099). Dia seorang prajurit bayaran yang berperang di kedua belah pihak. Namanya “El Cid” berasal dari bahasa Arab al sayyid yang artinya “raja”.
26. Spanyol adalah negara terbesar kedua di Eropa Barat setelah Perancis dan negara paling banyak gunung apinya kedua setelah Switzerland.
27. Pada tahun 1478, Paus memberikan raja Spanyol, yaitu Ferdinand V, yang berkuasa memulai Inkuisisi Spanyol, dan selama itu orang disiksa untuk membuktikan kalau mereka itu orang Kristen sejati. Ribuan orang yang pindah agama melarikan diri dari Spanyol karena Inkuisisi menyebarkan ketakutan di seluruh Eropa. Selama 50 tahun pertama Inkuisisi, 5000 orang dibunuh. Inkuisisi akhirnya dihapuskan pada tahun 1834.
28. Pada tahun 1492, Ferdinand V dari Aragon dan Ratu Isabella membayar Christopher Columbus menjelajahi barat untuk mencari rute baru ke India. Columbus salah mendarat di kepulauan Bahamas. Kekeliruannya menjadikan Spanyol sebagai negara terkaya di dunia pada waktu itu.
29. Pada tahun 1588, raja Spanyol mengirim 133 armada kapal ke Inggris. Hampir separoh kapal tenggelam karena badai dan tidak jadi menyerang angkatan laut Inggris. Inilah kekalahan signifikan bagi Spanyol dan menandakan awal dari berakhirnya kekuasaan global Spanyol.
30. Sebagai produsen terbesar minyal zaitun, Spanyol mencatat 45% dari total produksi minyak zaitun di dunia.
31. Pada tahun 2012, populasi Spanyol adalah 47,042,984, menjadikan Spanyol sebagai negara ke-27 dengan populasi terbanyak di dunia dan peringkat ke-5 populasi di Eropa.
32. Spanyol dibagi menjadi 17 wilayah. Limabelas daerah ada di daratan Spanyol. Dua daerah lainnya adalah gugus kepulauan. Pulau Balearik ada di pantai timur Sapnyol. Pulau Canary ada di pantai barat Maroko.
33. Lukisan gua tertua yang dikenal ada di gua El Castillo di Spanyol utara. Di sana para peneliti menemukan warna merah gelap yang dianggap telah berusia lebih dari 40.000 tahun. Seni gua kedua ada di Perancis. Gua Altamira dekat Santander, Spanyol, juga dikenal sebagai “Kapel Sistine” dari lukisan gua.
spain7-semestafakta
34.  Terowongan air Segovia Roma kuno di Spanyol dibangun pada abad pertama Masehi dan masih mengalirkan air ke kota tersebut.
35. Tembok kastil luar dari istana orang Moor, yaitu Alhambra (secara harfiah berarti “sesuatu yang berwarna merah”/the red one) di Granada adalah salah satu karya besar arsitektur Spanyol. Alhambra adalah singgasana penguasa Islam dari abad ke-13 sampai akhir abad ke-15. Alhambra adalah situs warisan dunia UNESCO dan telah menginspirasikan banyak cerita dan lagu.
spain8-semestafakta
36. Raja Philip III membuang Moriscos (orang Kristen keturunan orang Moor) antara tahun 1609 dan 1614. Moriscos banyak menyumbangkan perekonomian Spanyol. Setelah dia Philip III membuangnya, kekuasaannya di Spanyol sebagai penguasan Eropa Agung mengalami kejatuhan.
37. Ongkos desertifikasi per tahun di Spanyol yang diperkirakan untuk perubahan iklim dan penggunaan tanah kolam adalah $200 juta.
38. Basque di Spanyol adalah prajurit agung dan satu-satunya orang di Spanyol yang sepenuhnya tidak pernah di bawah kontrol Roma. Banyak kelompok separatis Basque sekarang berperang untuk mendapatkan kemerdekaan sepenuhnya dari Spanyol. Wilayah Basque di Spanyol adalah wilayah yang makmur.
39. Orang Islam mendirikan universitas Spanyol pertama di Valensia pada tahun 1209.
40. Penerimaan di universitas-universitas Spanyol mengalami kenaikan yang berlipat ganda dari 692.000 pada tahun 1982 sampai 1.540.596 pada tahun 2001.
41. Orang Moors menduduki Spanyol selama 800 tahun, oleh karena itu lebih dari 4000 istilah Arab dan frase dari bahasa Arab terserap ke dalam bahasa Spanyol. Permulaan kata dengan “al”, misalnya, adalah berasal dari bahasa Arab. Orang Moor juga maju dalam kedokteran, sains, dan astronomi, dan istilah Arab seperti algebra, alcohol, chemistry, nadir, alkaline, dan ciper masuk ke dalam bahasa Spanyol. Bahkan istilah-istilah seperti checkmate, influenza, typhoon, orange, dan cable dapat dilacak asal-usulnya dalam bahasa Arab.
42. Di pulau Canary tumbuh pohon naga, yang pernah dianggap sebagai sumber darah naga karena buahnya yang berwarna orange mengandung cairan merah yang kental. Di pulau Tenerife, pohon naga yang tertua dan tertinggi mencapai 70 kaki.
spain9-semestafakta
43. Ekspresi umumnya orang Spanyol, Ojalá (o-ha-LAH), artinya “Saya mengharapkan itu” berasal dari tangisan perang orang Islam, Wa Allah. Ekspresi Si Dios quiere (see dee-OS kee-AY=reh) adalah sama dengan ekspresi arab pada umumnya, yaitu Insya Allah. Banyak kota-kota Spanyol (yang dimulai dengan “al”) adalah berasal dari bahasa Arab, seperti Almeria, Albarracin, dan Alicante.
44. Spanyol tidak memihak dalam Perang Dunia I dan Perang Dunia II tetapi mengalami perang sipil (1936-1939) yang membunuh lebih dari 500.000 orang. Jenderal Fransisko Franco memerintah dengan diktator brutal sampai kematiannya pada tahun 1975. Setelah kekalahannya, Spanyol mulai merubah dirinya menjadi negara Eropa yang modern, industri, dan demokratis.
45. Total area Spanyol adalah 505,370 km2, yang menjadikan Spanyol sebagai negara ke-52 terbesar di dunia. Luas Spanyol sedikit lebih dari dua kali ukuran Oregon. Spanyol adalah negara terbesar ketiga di Eropa.
46. Spanyol adalah negara demokrasi desentralisasi di Eropa. Masing-masing dari 17 wilayahnya mengelola sendiri sekolah, rumah sakit dan layanan publik lainnya.
47. Di bawah hukum Islam di Spanyol selama Zaman Pertengahan, umat Kristen dan Yahudi dianggap dhimmi, yang mengizinkan mereka mempraktikkan agamanya sebagai “Ahlul Kitab”, tetapi mereka diwajibkan membayar pajak khusus.
48. Asal kata “Spanyol” tidak diketahui. Kebanyakan sejarawan percaya kata itu berasal dari sitilah Punic untuk “kelinci”, yaitu Ispanihad. Sejarawan lainnya menyatakan bahwa orang Roma kuno menyebut Spanyol dengan Hesperia ultima, atau “barat penghabisan”. Nama tersebut mungkin juga berasal dari istilah Basque, Ezpanna, yang artinya “tepi” atau “batas”. Dan banyak sejarawan masih mengklaim istilah tersebut dari bahasa Phunisia, yaitu spy, yang artinya “menempa logam”
49. Ketika anak giginya tanggal di Spanyol, seekor tikus kecil yang dinamakan “Ratoncito Pérez” akan meninggalkan kejutan di bawah bantalnya.
50. Penelope Cruz adalah aktor Spanyol pertama yang memnangkan Oscar untuk artis pendukung terbaik yang berperan dalam drama komedi romantis berjudul Vicky Cristina Barcelona, tahun 2008.
spain11-semestafakta
51. Spanyol melegalkan pernikahan sejenis pada tahun 2005.
52. Tidak ada hukum yang menentang telanjang di depan umum di Spanyol.
53. Spanyol mempunyai batas usia diperbolehkannya beraktivitas seksual terendah di Eropa, yaitu usia 13 tahun. Di Malta dan Turki mempunyai batas tertinggi, yaitu 18 tahun.
54. El Greco (1541-1612) dan Francisco José de Goya (1746-1828), Pablo Picasso (1881-1973) adalah seniman paling terkenal Spanyol. Salah satu lukisannya yang terkenal adalah Guernica, yang menggambarkan serangan udara selama Perang Sipil Spanyol.
spain16-semestafakta
55. Lama setelah kuda primitif punah di Hemisphere Barat, para penjajah Spanyol memperkenalkan kuda yang kita kenal sekarang. Christopher Columbus (yang sebenarnya orang Italia) dan Hernán Cortés hanyalah contoh kecil dua penjelajah yang membawa kuda ke Amerika. Sekarang kuda Andalusia, dikenal juga dengan  Kuda Spanyol Asli, adalah terkenal di dunia karena keindahan dan keatletisannya.
56. Harga miring (diskon) adalah tidak lazim di Spanyol, khususnya untuk sarapan yang murah.
57. Pada bulan Maret 2012, prostitusi kelas tinggi di Spanyol menolak melayani para bankir nasional sampai mereka membuka batas kredit untuk keluarga yang dililit utang.
58. Pada tahun 2010, Departeman Negara Amerika melaporkan bahwa 200,000-400,000 wanita bekerja di tempat prostitusi Spanyol. Laporan tersebut menyebutkan 90% wanita dijual. Kode Kriminal Spanyol tidak menegur tempat prostitusi itu sendiri, tetapi beberapa aktivitas yang berhubungan dengan prostitusi, seperti pergermoan, adalah ilegal. Dengan kata lain, prostitusi sebenarnya dilegalkan di Spanyol.
59. Olahraga nasional Spanyol adalah sepakbola.
60. Nama “Madrid” berasal dari bahasa Arab, magerit, yang artinya adalah “tempat banyak sungai”.
61. Salah satu karya fiksi yang terkenal dari Spanyol adalah novel Don Quixote, ditulis oleh Miguel de Cervantes (1547-1616). Novel tersebut menginspirasi banyak gerakan karya sastra, dari lukisan indah abad ke-18 sampai postmodernisme abad ke-21.
62. Orang Spanyol menemukan bel selam pada tahun 1538. Yaitu alat berbentuk bel yang dibuat dari kulit dan logam dan membungkus orang yang menyelam untuk mencegah air masuk.
63. Jenis musik Spanyol yang paling populer adalah Flamenco. Flamenco dikembangkan oleh bangsa Moor yang membawanya ke Spanyol dari Afrika Utara pada awal tahun 700-an. Musik itu dipengaruhi oleh budaya Andalusia, Islam, Sephardis dan Gypsy.
spain15-semestafakta
64. Pertarungan manusia dengan banteng adalah olahraga populer di Spanyol selama ribuan tahun. Dinamakan corridas, olahraga tersebut masih menimbulkan kontroversial tentang apakah merupakan kontes seni dan ketrampilan atau olahraga yang kejam.
65. Spanyol mempunyai banyak festival, dan salah satu yang paling terkenal adalah Balapan Banteng (Rungging of Bulls). Festival itu diadakan pada hari St. Fermin pada bulan Juli di kota bagian utara Pamplona. Lebih dari satu juta orang mengikuti festival tersebut. Novel Ernest Hemingway, The Sun Also Rises memperkenalkan festival itu secara luas di Amerika.
spain14-semestafakta
66. La Tomatina, atau “Kontes Makanan terbesar Dunia”, diadakan setiap tahun pada Rabu terakhir bulan Agustus di kota Buñol, di luar kota Valensia. Lebih dari 150.000 tomat dilempar.
spain13-semestafakta
67. Spanyol mempunyai perbedaan mencolok hujan antara daerah basah di barat laut dan daerah gersang di tempat lainnya. Akibatnya, Spanyol dibagi menjadi Spanyol “basah” dan Spanyol “kering”. La Coruña, misalnya, memperoleh lebih dari 39 inchi hujan per tahun. Sebaliknya, kota-kota seperti Zaragoza dan Valladolid mendapatkan kurang dari 12 inchi hujan per tahun.
68. Spanyol mempunyai banyak kandungan emas terbesar di Eropa. Spanyol juga merupakan produsen granit dan marmer terbesar di dunia.
69. Meskipun Spanyol mengandalkan diri mengimport sebagian besar minyak bumi dan 50% batubara, tetapi negara tersebut mempunyai deposit uranium, dan pada tahun 1999 tenaga nuklir tercatat 29.5% menyuplai listrik negara. Spanyol juga berinvestasi dalam bentuk energi yang bertahan selamanya, seperti tenaga surya dan tengara angin.
70. Sungai Rio Tinto di Spanyol sangat tercemar oleh polusi racun dari 5000 tahun penambangan yang menyababkan kematian.
spain12-semestafakta
71. Spanyol mempunyai pertumbuhan penduduk tercepat di Eropa pada awal tahun 1980-an. Pada tahun 2000, Spanyol mempunyai rata-rata tingkat kelahiran terendah di dunia, hanya 1.19 anak per wanita. Diprediksikan sekitar 300,000 imigran butuh memasuki Spanyol setiap tahunnya untuk mengimbangi jumlah pemuda yang menurun
72. Spanyol adalah negara berpenduduk padat paling rendah di Eropa, hanya dengan 202 penduduk per mil persegi.
73. Ada lebih 500,000 orang Gypsi sekarang tinggal di Spanyol, dengan hampir separoh mereka menetap di selatan. Orang Gypsi dianggap berasal dari India pada abad ke-15. Banyak orang Gypsi pindah ke wilayah perkotaan, meski sejumlah besar masih mengikuti tradisi Gypsi yang terus-menerus bepergian atau berpindah-pindah.
spain11.-semestafakta
74. Orang Spanyol sering menggunakan gerak isyarat daripada menggunakan kata-kata. Menjentikkan gigi dengan jempol, menggoyang jari dari hidung, dan memegang lengan kiri dengan lengan kanan dan lengan kiri dalam keadaan mengepal adalah dianggap menghina. Menepuk siku-siku kiri dengan tangan kanan adalah tanda kalau seseorang itu penny pincher. Menarik kelopak mata ke bawah pada saat seseorang berbicara menandakan bahwa pendengar ragu apa yang dikatakan oleh pembicara. Mengangkat jari kecil dan jari penunjuknya dengan buku jari menghadap keluar di depan lelaki menunjukkan bahwa istrinya atau pacarnya berkhianat.
75. Di Spanyol terdapat lebih sedikit pernikahan daripada di negara Eropa lainnya, kecuali Swedia. Usia seseorang pertama kali menikah mengalami peningkatan (yang merupakan ciri khas Eropa) mempunyai tingkat perceraian sangat rendah, dan sedikit anak lahir di luar nikah. Hanya 5% anak yang dilahirkan pasangan yang tidak menikah di Spanyol. Sebaliknya, ada 50% anak di Islandia, Norwegia, dan Swedia yang lahir di luar nikah.
76. Pada tahun 1993, hanya 1.7% siswa yang mendaftar institut dan perguruan tinggi teknik adalah perempuan. Pada tahun 2000, meningkat menjadi 40%.
77. Selama hampir 500 tahun Katolik Roma menjadi agama resmi di Spanyol dan terakhir menjadi agama resmi Sapnyol pada tahun 1977. Sekitar 85% orang Spanyol menganggap diri mereka beragama Katolik dan 40% yang rutin pergi ke gereja. Ada sekitar 350.000 orang Protestan, 400.000 muslim, dan 15,000 orang Yahudi
78. Wanita tradisional Spanyol menunjukkan nama kecilnya setelah menikah. Misalnya, jika Eva Peña menikahi Emilio Martinez, dia menjadi bernama Señora Eva Peña de Martinez. Istilah “de” (“hari”) secara harfiah berarti bahwa Eva itu “milik” suaminya. Nama akhir analnya akan menjadi Martinez Peña. Pada generasi selanjutnya, nama kecil ibu akan dimasukkan.
79.Ada banyak masjid Bergaya Spanyol yang bayak di tiru arsitekture nya di seluruh dunia ,yaitu masjid  arsitekture masjid cordoba yang juga banyak ditiru di indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar