Nurbaiti

Minggu, 04 Oktober 2015

presentasi materi radiasi benda hitam kelas 12 lengkap.ppt

Radiasi Benda Hitam

Matahari merupakan sumber kehidupan di bumi. Energi yang dipancarkan matahari membantu semua tumbuhan berklorofil untuk melakukan fotosintesis.  Energi yang dipancarkan oleh matahari membuat suhu dipermukaan bumi menjadi hangat. Menuuuurut beberapa penelitian suhu dipermukaan matahari sekitar 6000 o C.
A. Pengertian Radiasi benda hitam
1.    Radiasi benda hitam
Hubungan antara banyaknya energy yang dpancarkan dengan dan suhu yang dimiliki suatu benda , secara sederhana dapat diamati pada kegiatan berolahraga. Pada pagi hari yang cerah akan terasa adanya kalor yang dipancarkan oleh cahaya matahari ke tubuh, ketika sedang masuk ruangan akan terasa bahwa suhu ruangan akan meningkat. Ini menunjukkan adanya kalor yang dipancarkan oleh tubuh terhadap ruangan.     Contoh tersebut membuktikan bahwa benda akan memancarkan radiasi elektromagnetik jika memiliki suhu tinggi. Radiasi elektromagnetik yang dpancarkan oleh benda disebut Radiasi termal.Benda hitan adalah suatu sisitem yang dapat menyerap semua radiasi kalor yang mengenai benda atau system tersebut.
2.    Intensitas radiasi
Berdasarkan hasil percobaan bahwa intensitas radiasi termal berbanding lurus dengan pangkat empat suhu benda , semakin tinggi suhu suatu benda , semakin besar pula energy kalor yang dipancarkan . selain itu energy kalor dan intensitas radiasi termal tergantung pada kondisi, bentuk dan permukaan yang dimiliki benda.  Sehingga berdasarkan Stefan Boltzman intensitas radiasi termal suatu benda dinyatakan dengan :
 Hasil gambar untuk radiasi benda hitam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar