Nurbaiti

Kamis, 01 Oktober 2015

13 KULINER khas pemalang yang super enak dan wajib dicoba

Belum lengkap rasanya jika kawan sedang menikmati wisata di kota pemalang yang sangat indah seperti ulasan ini 14 wisata pemalang yang sangat indah dan wajib dikunjungi yang saya pos minggu lalu, namun kawan belum lengkap jika belum menikmati Kuliner khas pemalang yang terkenal mempunyai cita rasa maha dasyat untuk segera di coba, berikut pressiwa bagikan 13 Kuliner Khas pemalang Yang mempunyai cita rasa Luar biasa enak dan wajib dicoba.

1. SIRLO STEAK

Sirlo steak
Sirlo steak
kalau kawan ingin mencoba steak daging yang super lezat di pemalang, makanan yang harus diburu adalah sirlo steak berlokasi di Jl. Urip Sumoharjo No. 133 Pemalang. Sirlo steak menyuguhkan bermacam macam steak, seperti steak campur daging sapi dan  ayam,Iga bakar, original steak dll. supaya dapat menikmati steak yang lezat ini  ,kawan tak perlu khawatir. Karena di pemalang harga yang di tawarkan masih sangat terjangkau untuk kantong., Tidak lebih dari 15 Ribu perporsinya.
2.APEM COMAL

Apem Comal  yaitu sejenis roti yang mempunyai cita rasa manis dan gurih yang sangat lezat,
dalam pembuatannya masih menggunakan cara-cara tradisional, namun justru inilah kekhasan jajanan ini tetap terjaga. Bahan dasar dari Apem ini berupa tepung beras dan gula merah. Warna coklat tua didapat dari gula merah. 
Apem Comal sudah melekat menjadi kuliner khas Pemalang, 
Untuk merasakan nikmatnya kuliner khas Pemalang ini kita Cuma butuh mengeluarkan Rp 1.000-Rp 2.000/kue. Ayo segera beli,,  Silahkan kawan bisa cari di sekitar Pasar Comal atau toko-toko kue di seputaran Kota Pemalang. 


3.OGEL-OGEL


Hasil gambar untuk ogel ogel
ogel -ogel
ogel ogel merupakan sebuah jajanan terbuat dari  bahan dasar tepung beras ketan yang sudah sangat melekat sebagai jajanan khas kota pemalang. Adonan tepung beras ketan yang dicampur-dengan bahan lainnya yang terdiri dari gula, garam, keju dan diberi bumbu dibentuk seperti ulat menggeliat karena bentuknya yang seperti ulat inilah warga sekitar menyebutnya ogel-ogel .
Jajanan ini  mempunyai rasa yang gurih, lezat dan renyah,dan selalu bikin ketagihan bagi yang menyobanya selain itu komposinya 100% tanpa bahan pengawet jadi sangat aman untuk dikonsumsi sebagai camilan atau pengganti kerupuk. untuk yang suka pedas bisa dipadukan dengan saus sambal pastinya akan napol di lidah,
Jajanan ini bisa kawan temui di kawasan kaligelang lebih tepatnya di UD Cipta Jaya di Blok H1  Bu Darsono 0284-321662 Perumahan BTN Kaligelang, Pemalang

4.KRUPUK USEK

krupuk usek memang tidak hanya diproduksi oleh warga Pemalang saja tetapi krupuk yang digoreng dengan menggunakan pasir  ini juga bisa kita dapatkan di beberapa daerah seperti Tegal maupun Pekalongan.
Namun jika ditanya sentra produksi krupuk usek terbesar Dan terenak dijawa tengah dimana, Pemalanglah Jawabanya, banyaknya sentra industri krupuk usek dipemalang ,tak jarang membuat kota pemalang dijuluki juga sebagai kota Usek.

Krupuk Usek sendiri dapat dinikmati langsung sebagai cemilan atau dapat juga untuk pelengkap ketika sedang makan. Di kampung Masmin, Kendal Rejo Krupuk Usek yang disebut dengan Opak Usek ini dibuat menjadi Usek Lembarang . Makanan ini merupakan remukan Krupuk Usek yang dilumuri dengan kuah sayur Tempe atau Tahu. Ada juga namanya Usek Sambel. Kuliner Pemalang ini adalah remukan Krupuk Usek yang dilumuri dengan sambel yang agak encer. Sedap.\

kawan bisa jumpai jajanan ini Di pasar Krupuk Usek mudah dijumpai dengan bungkusan-bungkusan sedang yang dibanderol dengan harga Rp 2.500,- saja. Kira-kira di dalam bungkusan itu ada sekitar 20 buah krupuk dengan pilihan 2 warna, yaitu merah dan putih.


5.KUE KAMIR


terkadang ditulis Khamir, merupakan salah satu jajanan khas Pemalang asal negara Arab yang tak kalah Lezatnya dengan Apem comal. jajanan satu ini terbuat dari adonan terigumentega, dan telur, terkadang dicampur dengan bahan seperti pisang ambon atau tape. Kamir ada dua jenis, yaitu kamir beras dan kamir terigu. Dipasaran kota Pemalang lebih banyak kamir terigu karena yang tahan lama sedangkan kamir beras hanya berdasarkan pesanan.Beberapa orang pemalang khususnya mulyoharjo menyebutnya dengan nama Samir.
Menurut cerita yang beredar, orang pertama yang membuat kue kamir adalah seorang warga Arab yang tinggal di Kelurahan Mulyoharjo, yang dikenal juga dengan sebutan Kampung Arab. Nama kamir itu sendiri tidak jelas berasal dari nama apa. Apakah berasal dari kata khamer (bahasa Arab) yang berarti memabukan atau dari nama orang keturunan Arab itu sendiri.
Tetapi yang mendekati kemungkinan adalah nama Kamir berasal dari kataKhamir yang dalam bahasa Arab berarti ragi, dalam proses pembuatan kue kamir ini sebelum dimasak, terlebih dahulu didiamkan semalam agar bisa mengembang dengan sempurna dan tejadinya proses fermentasi.
Bagi kawan pressiwa yang tak sabar untuk menyicipi lezatnya Kue ini datang saja langsung ke sekitar kampung arab mulyoharjo, disitu akan banyak dijumpai aroma kamir yang sangat wangi menggoda untuk dimakan.

6.SATE LOSO



Kalau kawan pressiwa senang makan sate namun takut kolesterol sate loso adalah jawabanya.
 sate loso bagi warga pemalang telah menjadi makanan khas dikarenakan banyak sekali ditemui sate semacam ini di pemalang. 
Sate yang terbuat dari bahan daging kerbau yang konon rendah kolesterol sehingga cukup aman bagi penderita kolesterol jantung, ataupun darah tinggi. 
Dinamakan sate loso karena pencetusnya sendiri adalah Mbah Loso. Selain rasanya yang memang bener-2 nikmat karena terdiri dari 2 bumbu yaitu bumbu sate dan bumbu kacang. Yang paling gampang dikenali adalah ciri dari saus bumbu kacangnya yang berwarna merah. Terbuat dari kacang yang diulek halus ditambah bumbu-bumbu dan  cabe merah sehingga membuat warna saus menjadi merah. 
yang pasti rasanya sangat nikmat karena kawan akan merasakan sansasi  pedes, dan manis ditambah satenya sendiri yang terkenal sangat empuk dan lezat. Salah satu warung yang menjual sate loso ini dapat kawan temui di Jalan A. yani atau dekat dengan komplek kantor pemerintahan kabupaten Pemalang.

7..LONTONG DEKEM



Hasil gambar untuk lontong dekem pemalanglontong dekem merupakan sejenis makanan dengan bahan utamanya adalah  lontong. Bentuk lontongnya sendiri seperti pada umumnya hanya yang membedakan dengan jenis makanan lontong
lainnya adalah kuahnya.
Kuahnya lebih encer,Bumbunya pun hampir mirip dengan Nasi Grombyang dimana ditambahi dengan irisan daun bawang,serta resep rahasia lainya yang berasal dari rempah rempah pemalang.

Penyajian hidangan Lontong Dekem ini biasanya disertai dengan pasangan berupa sate ati ampela yang di goreng dan ditaburi serundeng, Lontongnya sendiri ditaburi dengan remesan krupuk. Rasanya? Silahkan coba sendiri, dijamin melu-melu ndekem, 

Makanan khas ini dapat dijumpai di kawasan Kuliner Pamalang di utara alun-alun kota Pemalang. 
Tepatnya di Jl. RE Martadinata. Di sana kita bebas memilih tempat mana yang ingin kita singgahi dan menikmati Lontong Dekem, pastinya akan membuat pengunjuangya sangat ketagihan
terbukti dengan  kelezatanya kuliner ini selalu diserbu oleh orang- orang dilluar kota yang tengah singgah dipemalang.

Harga perporsi Lontong Dekempun sangat murah meriah sekali harganya sekitar Rp 7.000 sedangkan sate ati ampela yang menjadi pelengkap biasanya dihargai dengan Rp 2000-3000 pertusuknya. Harga yang manusiawi bukan?


8. BAKSO BALUNGAN MAMPUS

bakso balungan
bakso balungan
Jika kawan ingin mencoba menikmati sensai makan bakso yang luar biasa enaknya dan Super pedas, maka kawan harus mencoba bakso balungan yang Sangat Khas di pemalang satu ini. Bakso balungan ini hampir sama dengan bakso biasa dengan bahan baku utamanya adalah balungan sapi, akan tetapi ada beberapa bumbu yang berbeda yaitu adanya penambahan santan dan cabai yang super banyak, itu sebanya dinamai bakso balungan pedas mampus dikarenakan Cita rasa super pedas dan gurihnya kuah bakso ini.
Untuk bisa menikmati bakso balungan ini, kawan hanya perlu mengeluarkan budget Rp. 12.000 saja murah kan. jika kawan tertarik untuk mencoba bakso balungan yang ada di pemalang ini, kawan bisa datang langsung ke Jalan Ahmad Yani Pemalang. Di sini lah terdapat kedai yang menjual bakso balungan ini.

9.GULAI KEPALA KAKAP MAS HAR

Gulai Kepala Kakap Mas Har
Gulai Kepala Kakap Mas Har
Jika anda sedang ada di pemalang dan ingin makan gulai yang lezat dan juga murah, maka kawan harus mencoba gulai yang di tawarkan di kedai mas har, yang membedakan antara gulai kakap ini dengan gulai yang biasa ditemui di kota kota lain adalah adanya bahan-bahan kencur dan jahe yang ada dalam gulai ini sehingga akan muncul cita rasa rempah rempah yang sangat khas,,
 Gulai kepala kakap mas hari ini sudah terkenal akan kelezatannya. Kedai gulai kepala kakap mas har ini Bisa kawan Pressiwa jumpai di  jl. jend. A. yani no 69B. untuk dapat menyantap gulai kepala kakap milik mas har, kawan hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 14.000 saja.

10. MIE AYAM JAMUR MOGA SEDAP

Mie Ayam Jamur Moga Sedap
Mie Ayam Jamur Moga
Makanan mie ayam memang banyak yang suka bahkan saking banyak penggemarnya banyak warga dari kab.purbalingga yang penasaran ingin mencoba kuliner ini,,
Bahan-bahanya tidak jauh berbeda dengan mie ayam lainya namun ada beberapa bumbu khas yang tidak terdapat dalam mie ayam lainya
yaitu adanya penambahan kuah kari sapi,  rempah rempah yang sangat kuat, serta dibalut dengan sajian jamur yang tumbuh didaerah tinggi kecamatan moga
 membuat mie ayam ini berbeda dengan biasanya.
Harga yang di tawarkan mie ayam moga sedap ini pun sangatlah terjangkau untuk kantong. Untuk 1 porsi mie ayam jamur ini hanya sekitar 8 Ribu BISA kawan temui di Jalan Kartini No. 54 Petarukan, Pemalang.

11. TAHU PLETOK

tahu pletok
tahu pletok
Tahu pletok merupakan salah satu jajanan khas pemalang. Tahu ini di buat dan disajikan dengan cara memecah tahu dengan menggunakan kedua tangan. Tahu pletok  sebelum di sajikan di goreng kering terlebih dahulu sampai warnanya agak kecoklatan setelah bewarna kecoklatan aroma tahu yang khas ini seperti aroma pandan akan muncul tentunya akan menambah cita rasa yang menggeliat untuk segera dinikmati.
Tahu pletok sebagai Jajanan khas pemalang nan gurih dan lezat sudah banyak yang mengetahui ,Bahkan Sebuah program televisi ''JEJAK SIGUNDUL'' TRANS 7 Pernah datang ke pemalang  untuk melihat langsung produksi tahu pletok ini.
harga Untuk satu porsinya terbilang murah hanya di hargai Rp.10 ribu saja. tahu pletok sangat cocok di nikmati pada saat masih hangat, tahu pletok bisa kawan jumpai di sentra industri tahu pletok di desa karang moncol, kecamatan randudongkal kabupaten pemalang.

12.MANISAN NANAS BELIK


kota pemalang memang sangat terkenal sebagai sentra kota penghasil nanas madu terbaik setelah subang,, hal ini membuat banyak beredar olahan nanas di kabupaten pemalang salah satunya adalah manisan.

Manisan Nanas juga merupakan salah satu kuliner khas Pemalang berbahan nanas yang mempunyai citarasa dan snensasi luar biasa menyegarkan! Dibuat dari Nanas Madu Belik yang ranum dan diolah dengan resep tradisional yang akan mebuat kamu ketagihan!
bagi kawan yang ingin merasakan legit dan segarnya manisan ini datang langsung aja ke kawasan sentra industri nanas di belik, dengan harga sekitar 5 ribu saja , kawan pasti akan sangat ketagihan.



13.NASI GROMBYANG
Nasi Grombyang ini sejenis hidangan berkuah mirip soto dengan isian potongan daging kerbau yang dibanjiri kuah, ditaburi potongan daun bawang serta bawang goreng,Rempah rempah pemalang dan dihidangkan bersama nasi, Kalau ditanya mana yang paling lezat dari ke  13 makanan yang telah ditulis,
NASI GROMBYANG ADALAH JAWARAHNYA, maha dasyat super lezat makanan ini memang sudah terbukti kelezatanya bahkan banyak warga dari jakarta, semarang, dan kota kota besar lainya banyak yang singgah ke pemalang untuk menyicipi makanan ini.
Kalau lihat sekilas kuahnya terlihat sedikit kehitaman . Ketika dihidangkan panas-panas terlihat uapnya mengepul mengeluarkan aroma yang super sedap, rasanya membuat perut ini semakin keroncongan. :D “Kenapa namanya Nasi Grombyang?” Ternyata karena penyajiannya antara isi dan kuah lebih banyak kuahnya sehingga nampak bergoyang-goyang alias bahasa Jawanya kelihatan “grombyang-grombyang”.  Nasi Grombyang ini dihidangkan pake mangkuk kecil mungil. Jadi kalau kawan termasuk golongan orang-orang yang hobi makan dengan porsi kuli, ya terpaksa harus nambah satu porsi lagi kalau mau puas.
Nasi Grombyang Dengan Pelengkap Sate Daging Kerbau
Nasi Grombyang. Lebih afdol lagi kalau dimakan bersama Sate Kerbau sebagai pelengkap.
Di Pemalang ini konon katanya Nasi Grombyang yang paling ngetop dan paling enak adalah kepunyaan Pak Haji Warso yang berada di Jalan R.E. Martadinata, deket alun-alun. Patokannya pokoknya cari aja alun-alun, terus cari Jalan R.E. Martadinata, susurin aja jalan itu, tidak terlalu jauh dari alun-alun. Letaknya di sebelah kiri jalan sebelum rel kereta, silahkan buktikan kelezatanya.

demikian 13 Makanan dan jajan khas kota pemalang yang memiliki cita rasa luar biasa,Dan sangat untuk direkomendasi untuk dicoba semua untuk kawan semua




Tidak ada komentar:

Posting Komentar