Nurbaiti

Sabtu, 03 Oktober 2015

5 mega proyek pemalang berdana miliaran rupiah yang mulai digarap di tahun 2016

setiap daerah pasti punya rencana pembangunan masing2, rencana pembangunan tersebut bisa berupa pembanunan instansi,pembuatan jalan raya, atau bahkan pembangunan hotel sekelas las vegas yang tentu membutuhkan anggaran triliunan rupiah atau yang dikenal dengan mega proyek,
pun begitu dengan pemalang,  yang diketahui memiliki sejumlah proyek bersetatus mega proyek berdana besar yang akan mulai dikerjakan di tahun 2016, apa saja proyek itu?
demikian pressiwa rangkum informasi mengenai 5 mega proyek pemalang di tahun 2016


1. The Winner Super Mall (Matahari)




Terletak di jalan Brigjen Katamso Pemalang.  Mall ini mengadopsi gaya Hypermart sebagai sistem perbelanjaannya.

 jika mall ini telah selesai di bangun maka mall ini akan menjadi mall paling besar dan modern di pemalang, tak tanggung tanggung biaya yang dikeluarkan utuk membangun mall ini sekitar 8 Miliar dengan dana sebanyak itu gak kebayang seberapa megahnya, bisa dipastikan bisa diisi  ratusan kios penjual grombyang wuahh mantap.
kemungkinan beberapa hiburan yang akan  disi dalam mall 4 lantai ini adalah :
- Mc. Donald
- Bioskop Cinema 21
- TimeZone
- karauke
dll

2.Pembangunan gedung idi

IDI Pemalang Bangun GedungDalam waktu dekat Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Pemalang akan memiliki gedung sendiri. Bangunan gedung berlantai dua di Jalan Sulawesi itu saat ini tengah dikerjakan.
Kepada PuskAPIK di ruang kerja Bidang Pelayanan RSU. Dr. M. Ashari, Ketua IDI Pemalang dr. Koen Sriwibowo, Sp.B, melalui Sekretaris dr. Zaenuri menyampaikan, bangunan gedung yang sedang dikerjakan itu berada diatas tanah seluas 300 M2 yang dibeli dengan dana yang dihimpun dari iuran anggota.
“Kami beli tanah dari iuran anggota yang dihimpun bertahun-tahun,” jelas dr Zaenuri, kemarin.
Menurut dia, dana untuk pembangunan gedung pun diperoleh dengan cara yang sama, yaitu iuran. Besaran biaya untuk pembangunan gedung mencapai angka Rp 1,2 M.
Lebih jauh dikatakan, selama bertahun-tahun IDI Pemalang belum memiliki gedung kantor sendiri. Sehingga harus menumpang, terakhir di rumah dinas dokter di kompleks RSU. Dr. M. Ashari. Dengan selesainya pembangunan gedung nanti semua kegiatan kesekretariatan dilakukan di gedung baru.

3. PROYEK TOL PEMALANG-BATANG
Presiden Joko Widodo akan memulai groundbreaking proyek Tol Pemalang-Batang di Jawa Tengah sepanjang 39,2 km pada 28 Agustus 2015.
Jasa Marga Tbk (JSMR) dan Waskita Karya Tbk (WSKT) membeli saham proyek Tol Pemalang-Batang dari investor lama.
Tak tanggung tanggung kawan Waskita Karya menyiapkan dana Rp5 triliun untuk mengakuisisi saham mayoritas pemegang saham lama Tol Pemalang-Batang. Hal ini bagian dari percepatan proyek Tol Trans Jawa dari Cikampek-Surabaya 615 Km. Bila Pemalang-Batang sudah dimulai berjalan, maka tinggal menyisakan ruas proyek Tol Batang-Semarang 75 km.
Apabila pengerjaan Tol Batang-Semarang bisa segera diatasi, maka percepatan pembangunan Tol Trans Jawa bisa tuntas lebih cepat pada tahun 2017. Konsesi tol Batang-Semarang belum putus secara manajemen, namun pemerintah sudah memutuskan hak konsesinya. Saat ini, Waskita Karya sedang mengerjakan Tol Pejagan-Pemalang (sambungan Pemalang-Batang di sisi barat), dimana proses konstruksi sedang berlangsung.
4.Pelabuhan pangeran benowo
 Pemkab Pemalang  telah menyediakan calon lokasi untuk pembangunan bandara pesawat perintis yang rencananya akan dinamai bandara benowo seluas 42,5 hektare di pinggir pantai yang strategis. Hal itu dikemukakan Sekda Pemalang Budhi Rahardjo ketika ditanya mengenai hasil kunjungan Pansus Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) DPRD Provinsi Jateng di Pemalang. Dalam kesempatan itu Pansus diajak pula melihat ke lokasi.
Menurut Sekda, luasan area yang disiapkan untuk bandara pesawat perintis itu kondisinya kini masih berupa area kosong. Sebagian digunakan penduduk untuk tanaman tebu. Sebagian besar lagi berupa hamparan jalan aspal yang kini digunakan sirkuit dan wisata. Namun tidak semua luasan area itu rencananya untuk bandara perintis. Karena yang dibutuhkan untuk landasan pacu sekitar 2 hektare. Serta ada lahan untuk bangunan pendukung. Potensi lahan yang siap digunakan itu statusnya kini berupa tanah milik pemkab, Tak tanggung tanggung dana yang akan digulirkan mencapai 7 triliun kalau proyek ini terealisasi.
5.Pasar beras pemalang terbesar jawa tengah

Hasil gambar untuk pasar beras pemalang
Dalam waktu yang tak lama lagi, pemalang bakal memiliki pasar beras terbesar sjawa tengah
Lokasi pembangunan pasar beras ini , berada persis di sebelah utara pasar buah dan sayur yang nantinya akan membuat berdampingan satu sama lain.
tak tanggung tanggung dana yang dikucurkan pemerintah melalui APBD mencapai 5 miliar untuk pembangunan pasar dan 3,7 Miliar dari Kementrian perdagangan RI untuk membuat gudang berasnya, targetnya akan terlaksana ditahun 2016 , sehingga diharapkan dari pembangunan pasar ini bisa memasok kebutuhan beras di pemalang dan luar daerah.

Demikian 5 mega proyek pemalang di tahun 2016, semoga geliat pembangunan kota di pemalang akan semakin nampak dan semoga dapat mengejar ketertinggalan antara kota kota yang berada persis di pemalang,
pressiwa sendiri mengupayakan percepatan pembangunan pemalang melalui revolusi administratif yaitu dengan cara memekarakan kabupaten pemalang menjadi dua pemalang kab dan pemalang kota madya, supaya percepatan pembangunan pemalang cepat terlaksana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar